4 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

  • 2 min read
  • Jan 22, 2021
Manfaat Teh Hijau

Semua teh memiliki manfaat kesehatan. Salah satu teh yang paling banyak dikonsumsi beberapa tahun dan populer ini adalah teh hijau. Kenapa teh ini menjadi perbincangan? Karena teh hijau sendiri banyak sekali manfaat yang bagus untuk kesehatan kita. Banyak orang yang hanya mengkonsumsinya saja tetapi tak paham dengan manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Sederhananya dalam pengolahan daun. Setelah dipetik waktu pengeringan lebih singkat. Daunnya tidak dibiarkan teroksidasi seperti saat mengolah teh hitam. Karena proses yang dipersingkat ini, daun ini mempertahankan lebih banyak manfaat kesehatan.

Kaya akan antioksidan,vitamin dan mineralnya lebih tinggi. Selain itu tubuh akan tetap sehat terjaga karena mengkonsumsi teh hijau ini. Daun ini kaya akan polifenol katekin, yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate, disingkat EGCG. EGCG adalah antioksidan kuat. Selain EGCG, teh hijau juga kaya vitamin E, C dan fluorida, bersama dengan vitamin A, B2 dan D. Ternyata teh hijau ini juga telah dikaitkan dengan membantu beberapa kondisi medis. Berikut ini khasiat teh hijau untuk kesehatan.

Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan

Dapat meningkatkan fungsi otak

Teh hijau membantu meningkatkan fungsi otak. Bahan utama dalam teh hijau sendiri adalah kafein yang dikenal sebagai stimulan. Kandungan kafein di teh hijau tidak sebanyak seperti di kopi, tetapi cukup untuk menghasilkan respons tanpa menyebabkan efek gelisah yang terkait apabila anda terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Kafein memengaruhi otak dengan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut adenosin. Dengan cara ini, ia meningkatkan penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin

Mengandung Antioksidan

Antioksidan dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, Kanker sendiri disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Penelitian telah menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis, yang dapat menyebabkan penyakit kronis, termasuk kanker. Antioksidan dapat membantu melindungi dari kerusakan oksidatif.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular sendiri adalah penyakit jantung dan stroke yang merupakan penyakit mematikan di dunia. Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mencegah beberapa faktor risiko utama untuk penyakit ini, termasuk meningkatkan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL. Konsumsilah teh hijau untuk mencegah beberapa penyakit ini.

Mengingat bahwa teh hijau dapat meningkatkan laju metabolisme dalam jangka pendek, masuk akal jika teh hijau dapat membantu anda menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi lemak tubuh, terutama di area perut

Telah banyak penelitian yang dilakukan terus menerus akan mengenai manfaat kesehatan dari daun teh hijau ini. Semua ini ditemukan awalnya dari tumbuhan sederhana bernama camellia sinensis. Berikut ini penjelasan akan sedikit pengolahan teh hijau.

Saat daun diolah, mereka disortir menurut ukurannya. Daun yang lebih besar disimpan untuk teh premium. Daun yang lebih kecil disimpan untuk minuman yang kurang premium. Yang tersisa setelah penyortiran ini disebut serbuk teh yang memiliki potongan-potongan kecil daun yang patah. Inilah yang dimasukkan ke dalam kantong teh yang anda beli di toko.

Berapa Banyak Teh Yang Harus Dikonsumsi?

Beberapa penelitian mengatakan bahwa seseorang perlu minum 3 hingga 10 cangkir teh hijau dalam sehari. Kafein sebanyak itu bisa membuat anda terjaga di malam hari. Tidak ada salahnya untuk minum setidaknya 1 atau 2 cangkir sehari. Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah ini pun dapat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Mungkin sepadan jika anda hanya minum 1 hingga 2 cangkir untuk mendapatkan berbagai jenis daun teh yang dapat dinikmati. Apalagi banyaknya manfaat yang terkandung dalam teh hijau ini membuat kita aman dan tenang dalam mengkonsumsi teh hijau ini. Itulah tadi informasi kesehatang yang bisa kami bagikan hari ini. Apabila anda ingin informasi bermanfaat lainnya anda dapat membaca artikel tentang Manfaat Daun Kelor untuk Wajah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah. Semoga bermanfaat,jangan lupa dishare artikel ini ya.