5 Kebiasaan Baik Saat Muda Supaya Untung Saat Tua

  • 3 min read
  • Feb 14, 2020
Kebiasaan Baik Saat Muda Supaya Untung Saat Tua

Menjadi kaya sebenarnya bisa dipersiapkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berinvestasi sejak muda sehingga bisa memetik manfaatnya di saat pensiun nanti. Sayangnya literasi keuangan di Indonesia sangat rendah sehingga masih banyak yang belum mau melakukan kebiasaan baik yang bikin untung saat tua.

Ada beberapa kebiasaan baik yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sejak muda. Contohnya dengan memanfaatkan kredit online untuk usaha atau menambah modal usaha. Dengan begitu, usaha pun bisa berkembang dan memberikan keuntungan.

Nah, berikut ini ada beberapa kebiasaan baik saat muda agar bisa mencicipi keuntungan di masa pensiun nanti.

  1. Hidup minimalis seperti tren di Jepang

Tren hidup minimalis di Jepang sepertinya perlu kamu contoh nih. Orang Jepang kini punya kebiasaan unik demi menyederhanakan hidupnya. Ternyata bukan tanpa alasan mereka melakukan hal tersebut. Ada filosofi yang mendalam di baliknya.

Mereka hidup dengan perabot rumah yang benar-benar dibutuhkan saja serta jumlah pakaian yang benar-benar diperlukan. Sehingga, rata-rata orang yang hidup dengan cara minimalis seperti ini tidak akan repot ketika harus memilih baju saat berangkat kerja atau ke luar rumah.

  1. Bisa membedakan kebutuhan dan keinginan

Bercermin pada kehidupan minimalis di Jepang, anak muda harus paham bagaimana caranya membedakan apa itu kebutuhan dan apa itu keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang memang paling mendasar sehingga tidak bisa digantikan. Contohnya seperti makanan pokok, biaya transportasi, serta tempat tinggal. Tanpa tiga kebutuhan tersebut akan sulit untuk mempertahankan hidup.

Pada titik tersebut sebenarnya sudah jelas barang-barang yang memang diperlukan dan barang yang hanya sebatas keinginan. Anak muda yang sudah paham tentang kebutuhannya, cenderung tidak akan menghabiskan pendapatannya pada hal-hal yang dianggapnya tidak memberikan kebebasan finansial di masa tuanya.

  1. Gemar menabung

Menabung ternyata bisa menjadi cara untuk menyelamatkan masa depan yang tidak menjanjikan karena kebutuhan dan harga setiap tahun naik. Menabung bisa dilakukan dengan cara konvensional seperti menyimpan uang di bank atau dengan cara deposito.

Namun, ada cara lain yang memberikan keuntungan lebih tinggi dengan risiko yang perlu dipelajari seperti mulai menabung saham. Menabung saham dianggap lebih aman karena ampuh melawan inflasi.

  1. Sudah mulai menyadari pentingnya investasi

Anak muda yang sadar secara finansial bahwa mereka akan mengalami kesulitan saat tua jika tidak bekerja di saat muda, umumnya sudah punya investasi sejak usia muda. Bahkan, anak-anak SMA saat ini sudah mulai banyak yang tertarik dengan dunia investasi karena semakin mudahnya mendapatkan informasi.

Ada beragam investasi yang dapat dipilih. Pastikan juga tidak terjerat dalam investasi bodong yang menjanjikan “surga” tetapi kenyataannya justru penipuan terselubung. Dalam hal ini kita memang perlu berhati-hati dan tetap bersikap skeptis terhadap semua jenis penawaran investasi.

  1. Bijak dan cermat ketika memanfaatkan kredit online

Kebiasaan yang paling krusial sebenarnya bagaimana memanfaatkan pinjaman atau kredit online secara bijak. Jika dimanfaatkan dengan benar misalnya untuk kebutuhan produktif, sebenarnya utang justru bisa meningkatkan profit atau pendapatan.

Tidak sedikit lho usaha kecil yang dibantu oleh pinjaman dengan bunga rendah dari berbagai lembaga keuangan. Tapi, biasanya ada kendala proses pengajuannya karena berbagai sebab.

Nah, menyikapi hal tersebut untunglah kini ada perusahaan teknologi keuangan yang memberikan kemudahan lewat produk kredit online. Belanja bisa dicicil bahkan bisa juga mengajukan pinjaman tunai untuk berbagai kebutuhan.

Pastikan saja untuk memilih fintech yang aman. Setidaknya sudah terdaftar di OJK. Salah satunya seperti Kredivo yang sudah terdaftar secara resmi dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018.

Kredivo memberikan bunga kredit sebesar 2.95 persen dengan pilihan tenor mulai dari 30 hari, 3 dan 6 bulan. Malah untuk belanja dengan pembayaran kredit digital seperti Kredivo, tenor bisa lebih panjang hingga 12 bulan.

Kredivo bukan fintech biasa. Karena Kredivo dapat juga digunakan layaknya seperti kartu kredit digital untuk berbelanja di beberapa marketplace terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya.

Apalagi saat ini hampir semua kebutuhan finansial bisa didapatkan lewat aplikasi Kredivo seperti pembelian token listrik, pulsa hp, pembelian tiket pesawat, dan pembayaran berbagai tagihan dalam satu aplikasi.

Nah, jika tertarik dengan kemudahan yang diberikan Kredivo, unduh aplikasinya lewat Google Play Store dan App Store, kemudian daftarkan diri kamu secara mudah, bisa online kapan saja.