Istirahat dari rutinitas sehari-hari tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa yang sedang libur kerja, anak-anak juga perlu rehat dari rutinitas di sekolah. Ya, memang banyak hal yang bisa dilakukan di rumah dengan untuk mengisi waktu luang di saat liburan sekolah. Namun, melakukan rencana perjalanan dengan anak-anak juga bisa jadi ide liburan seru.

Bukankah liburan di rumah lebih hemat bagi anak-anak? Pertimbangkan dulu deh, belum tentu lebih hemat juga kalau akhirnya anak diajak ke mall setiap kali sedang rewel atau bosan. Nah, merencanakan perjalanan jarak jauh dengan memilih transportasi pesaawat terbang bisa memberikan stimulan agar anak bergerak dan berkembang dengan lebih aktif. Berikut ini manfaat melakukan perjalanan liburan saat hari libur sekolah.

  1. Melihat kebudayaan baru secara langsung

Pelajaran budaya di sekolah memberikan banyak pengetahuan baru bagi anak-anak, tetapi hanya terbatas secara teori dan belum tentu ada praktik lapangannya. Liburan sekolah bisa jadi salah satu kesempatan baik untuk memperkenalkan kebudayaan baru bagi anak. Saatnya cari info harga tiket pesawat untuk mengunjungi destinasi wisata dengan daya tarik lokal yang khas.

Tidak hanya memberikan pengalaman yang membuka pikiran, saat tiba di destinasi wisata nantinya, anak-anak juga bisa melihat pemandangan yang memanjakan pengelihatan. Sederhananya saja, ada perbedaan penggunaan alat masak, cara berinteraksi, dan mungkin metode pembayaran saat sedang berwisata kuliner. Hal ini akan mengenalkan budaya baru bagi anak-anak agar bisa mengeksplorasi budaya dengan cara yang lebih menyenangkan.

  1. Mengetahui cara hidup orang lain

Saat berlibur ke suatu daerah, anak bisa melihat kebiasaan orang yang berangkat kerja lebih pagi atau melihat kesibukan banyak orang saat tiba di bandara. Hal ini akan memberikan pengalaman baru untuk melihat rutinitas yang dilakukan orang lain. Mungkin akan muncul berbagai pertanyaan dari anak-anak, tetapi hal inilah yang justru bisa memicu mereka untuk mengetahui lebih banyak hal dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

  1. Belajar mengenal sejarah keluarga

Perjalanan liburan juga bisa direncanakan ke kampung halaman tempat kelahiran orangtua. Hal ini akan sekaligus memperkenalkan sejarah keluarga pada anak. Meski anak lahir dan dibesarkan di kota besar, mereka tidak seharusnya melupakan sejarah kebudayaan keluarga begitu saja.

Nah, merencanakan liburan ke kota kelahiran memungkinkan anak untuk lebih mengenal sejarah keluarga sambil menikmati liburan yang menyenangkan. Selain itu, anak-anak juga bisa mendapatkan rasa memiliki yang lebih besar terhadap sejarah budaya aslinya.

  1. Membantu mereka menemukan passion

Tidak setiap keluarga memiliki kesempatan liburan dengan fasilitas perjalanan dan akomodasi yang sama. Jika dibandingkan dengan jadwal liburan sebelumnya saja, mungkin kesempatan liburan sekolah dengan anak-anak kali ini lebih terbatas karena pertimbangan finansial. Tidak masalah, hal ini malah bisa memberikan lebih banyak pengalaman untuk mencoba berbagai kegiatan sederhana.

Berbagai aktivitas sederhana seperti memasak saat camping, memotret dengan kamera analog, dan bahkan mencoba hiking bisa menjadi hal baru bagi anak. Bukan tidak mungkin, anak-anak bisa mengetahui passion-nya dengan mencoba aktivitas baru saat melakukan perjalanan liburan sekolah. Belum lagi, melihat banyak orang beraktivitas di bandara juga bisa sekaligus mengenalkan banyak profesi pada anak-anak.

  1. Anak-anak tumbuh dengan lebih percaya diri

Melakukan banyak perjalanan liburan memungkinkan keluarga untuk mencoba berbagai hal yang disukai bersama. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak untuk pertama kalinya. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan paling nyaman yang tidak akan ditakuti oleh anak-anak. Nah, kesempatan seperti ini memungkinkan anak-anak untuk lebih berani mencoba hal baru sehingga tumbuh kembangnya lebih percaya diri.

Kalau masih mencari kegiatan yang bisa dilakukan oleh keluarga di sisa liburan sekolah, jangan ragu untuk pesan tiket pesawat dan merencanakan perjalanan seru bagi anak.