Alasan Wajib Mengetahui Sumber Air Minum Untuk Anak

  • 3 min read
  • Aug 05, 2020
Alasan Wajib Mengetahui Sumber Air Minum Untuk Anak

Selain makanan, minuman kaya nutrisi juga penting untuk Anda berikan pada anak Anda dalam tumbuh kembang Si Kecil dan menjaga anak dari dehidrasi karena kebutuhan cairannya tercukupi. Kurang lebih, anak usia 1-3 tahun membutuhkan 1,3 liter setiap harinya, sedangkan untuk anak berusia 4-8 tahun, jumlah asupan air yang dianjurkan adalah 1,7 liter per hari.

Apabila anak kekurangan cairan tubuh, makan Si Kecil akan mengalami gangguan kesehatan serta mempengaruhi pertumbuhan otak, dimana bukan hanya untuk orang dewasa melainkan juga untuk anak dimana umur 0-6 tahun merupakan masa krusial paling awal dalam perkembangan serta kerja fungsi sel otak, interaksi di sinapsis, serta pembuatan sinapsis baru yang menjadi sumber kecerdasan anak seperti yang dikemukakan oleh Fasli Jalal, penasihat Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia atau Himpaudi[1]

Maka dari itu dibutuhkan air minum berkualitas yang dimana berasal dari sumber air minum yang juga higienis serta bermanfaat untuk anak. Karena jika tidak, ada beberapa efek buruknya seperti [2] :

  1. Napas Tak Sedap

Jika sumber air minum yang Anda gunakan tidak bagus sehingga anak Anda tidak suka minum air putih, hal yang paling awal muncul adalah aroma napas yang tidak sedap. Ya, aroma napas tak sedap ini bisa menandakan Si Kecil kurang minum air putih sehingga air liurnya mengandung bakteri yang menyebabkan aroma napas menjadi tak sedap.

  1. Mengidamkan Makanan Manis

Hal selanjutnya dari anak yang tidak suka mengkonsumsi air putih karena menggunakan sumber air minum yang tidak bagus adalah anak akan selalu berusaha untuk mengkonsumsi makanan manis. Kenapa? Karena saat tubuh kekurangan cairan, maka hati akan kesulitan untuk mengubah beberapa nutrisi menjadi glikogen dan komponen sumber energi lainnya sehingga anak pun akan mengidamkan makanan manis. Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan asupan buah ataupun air minum yang berasal dari sumber air minum berkualitas.

  1. Mudah Mengantuk

Saat sumber air minum Anda tidak bagus, anak akan menjadi jarang minum air putih yang dimana anak akan menjadi kekurangan air pada tubuhnya, dimana salah satu efek tubuh kekurangan cairan adalah membuat lebih mudah mengalami kantuk berlebihan. Hal ini berbahaya karena pada umur anak yang aktif, sangat baik untuk anak bisa beraktivitas banyak dan melakukan banyak hal sehingga anak mengalami banyak pengalaman dan tentunya pelajaran. Bila anak menjadi mudah mengantuk, anak akan malas bergaul dan bersosialisasi serta malas untuk belajar. Maka dari itu, Anda harus bisa memberikan anak air minum dengan sumber air minum yang berkualitas.

  1. Pusing

Apabila anak Anda tiba-tiba mengalami pusing, mungkin saja dikarenakan Si Kecil kurang mendapat asupan cairan pada tubuhnya. Sumber air minum yang baik seperti AQUA membawa banyak manfaat mineral serta nutrisi, dan tidak lupa oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Peredaran darah yang tidak lancar bisa disebabkan oleh kurangnya cairan dan oksigen dalam tubuh, sedangkan minum air putih secara rajin dan rutin dapat mengembalikan fungsi kerja organ tubuh sebagaimana mestinya, termasuk mengalirkan darah keseluruh tubuh. Pusing disebabkan cairan dalam tubuh yang kurang dan membuat peredaran darah tidak lancar, maka dari itu Anda harus menyiapkan air minum dari sumber air minum yang memang dibutuhkan oleh tubuh khususnya untuk si buah hati.

  1. Urine Berwarna Pekat

Ketikan tubuh anak kekurangan cairan, maka ginjal akan mengambil cairan dari asupan-asupan lain yang kita konsumsi ataupun dari sumber lainnya sehingga sari-sari tersebut keluar melalui urine yang kotor berwarna pekat dan tidak sedikit yang juga berbau.

Karena itu sangat penting untuk Anda menyediakan air minum yang baik untuk Anda dan keluarga khususnya Si Kecil agar dapat menjalani tumbuh kembang anak yang memang dibutuhkan.

Berdasarkan itu juga, AQUA selalu memberikan air minum yang berkualitas di setiap tetesnya yang diambil dari sumber mata air pegunungan yang kaya akan mineral untuk menjadi sumber air minum AQUA, dimana saat ini AQUA telah memiliki sumber air mata air pegunungan untuk menjadi sumber air minum AQUA sebanyak 17 titik yang tersebar dari Sabang hingga Merauke yang telah diteliti sebelumnya oleh para ahlinya dengan syarat dan kriteria yang sebelumnya telah dibuat berdasarkan hasil riset dan sudah menjadi dasar AQUA untuk menentukan sumber mata air untuk menjadi sumber air minum AQUA.

Jadi, sudah dipastikan air minum Anda dan keluarga berkualitas seperti AQUA?

Referensi :

  1. https://cantik.tempo.co/read/1022751/anak-usia-dini-sering-dehidrasi-waspadai-pertumbuhan-otaknya
  2. https://id.theasianparent.com/minum-air-putih