Apa yang Dimaksud dengan Mutasi Pada Rekening dan Manfaatnya

  • 2 min read
  • Oct 09, 2021
Mutasi Rekening

Mutasi adalah history atau catatan uang yang masuk dan uang yang keluar di dalam rekening tabungan. Jika Anda memiliki rekening tabungan maka Anda bisa mengeceknya. Cara pengecekannya bisa datang ke bank secara langsung, atau melalui internet jika Anda memiliki akun e-Banking. Pada Internet ebanking terbaru bank BRI, yaitu BRImo Anda bisa melakukan pengecekan mutasi ini dengan mudah.

Tujuan serta manfaat dari mutasi ini yaitu menjadi laporan dari segala jenis aktivitas, yang ada di rekening tabungan. Keberadaannyajuga membuat aktivitas usaha/bisnis menjadi lebih lancar. Biasanya, pembeli yang melakukan transaksi secara online akan memberikan bukti pembayaran. Maka sebagai penjual Anda bisa mengeceknya langsung di mutasi.

Apakah memang ada uang yang sudah masuk atau melihat nominal uang yang masuk tersebut. Jika uang itu memang sudah masuk, maka ada datanya sehingga ini bisa disebut dengan perantara antara konsumen dengan pebisnis online.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mutasi rekening akan bermanfaat bagi para pelaku usaha. Berikut ini fungsinya bagi para pelaku usaha:

  • Menjadi sebuah laporan dari segala aktivitas keuangan di dalam rekening dalam jangka waktu tertentu. Jadi, Anda bisa mengecek berapa jumlah uang yang masuk dan berapa jumlah uang yang keluar.
  • Merupakan alat yang membantu Anda dalam kelancaran transaksi bisnis khususnya untuk bisnis secara online. Karena pembayaran dari penjualan online biasanya dilakukan melalui transfer bank.
  • Bagi pelaku usaha yang melakukan banyak transaksi baik melalui e-Banking ataupun m-Banking, maka adanya ini akan mengontrol seluruh jenis transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Dapat juga menjadi alat keamanan untuk mengetahui transaksi yang dilakukan oleh pembeli tapi tanpa Anda ketahui sebelumnya.

Dari informasi ini dapat kita ketahui bahwa mutasi di rekening adalah data yang memuat riwayat tentang uang masuk dan uang keluar di rekening tabungan. Dalam hal jual beli, mutasi ini bisa disebut dengan perantara antara konsumen dengan pebisnis online, oleh karena itulah mutasi ini sangat bermanfaat untuk para pelaku usaha.