Awal Mula Mebel dan Furniture Jepara

  • 2 min read
  • Jul 08, 2020
Furniture Jepara

Jepara merupakan kota yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa, tepatnya daerah Jawa Tengah bagian utara. Kota yang berdekatan dengan Kota Wali (Kota Demak) dan Kota Santri (Kota Kudus). Kota Jepara terkenal dengan wisata pantai pasir putih yang elok dan indah salah satu wisata yang terkenal yaitu Karimunjawa.

Selain terkenal dengan wisata pantainya, Jepara juga terkenal dengan nama Kota Ukir. Mebel dan Furniture Jepara juga tidak hanya terkenal di Tanah Air,sampai dengan Mancanegara. Dimulai dari bahan baku Kayu Jati terbaik di Indonesia, Ukiran yang melegenda dan hasil produk Furniture yang beda dengan daerah lainnya. namun apakah anda semua tau asal mula terkenalnya Jepara sebagai Kota Ukir dan Mebel Jepara atau Furniture Jepara bisa terkenal sampai keluar negeri?

Sejarah Mebel & Furniture Jepara

Kota yang merupakan tempat kelahiran R.A. Kartini tersebut dikenal dengan ukiran kayunya yang melegenda. Sampai saat ini belum ada kota lain yang mampu menyaingi berbagai macam furniture Jepara. Sejarah kota ukir ini sudah di mulai sejak zaman Hindu. Jepara dahulu sudah menjadi tempat yang ramai sebab merupakan pintu gerbang tempat untuk berkomunikasi antara nusantara, Cina dan India.

Ketika kerajaan islam sedang berjaya di Demak, kota ini dijadikan sebagai wilayah perjuangan dari Sunan Kalijaga yang mengembangkan dunia seni dan salah satunya adalah seni ukir. Perkembangan dunia ukir di Jepara juga tidak terlepas dari warga Cina yang menetap di wilayah ini.

Produk Mebel & Furniture Jepara

Produk dari furniture Jepara sangat beraneka ragam. Misalnya, Gebyog (penyekat), Meja, Tempat Tidur atau Dipan, Lemari, Kursi, barang kerajinan dan lain sebagainya. Masyarakat yang berada di kategori menegah ke atas, dari berbagai jenis furnitur paling banyak menyukai jenis kursi.

Pilihan tersebut misalnya untuk produk kursi makan, kursi tamu, kursi taman, kursi sofa jati dan kursi kerja. Menurut sebuah pengamatan pada kalangan yang menyukai jenis kursi, mayoritas dari mereka lebih menyukai kursi dengan ukiran Jepara yang memiliki motif terbaik.

Banyaknya berbagai macam-macam dan motif-motif favorit para pelanggannya, yaitu motif flora, motif anyaman, dan motif pilin. Motif ukir dari Jepara pada umumnya merupakan sebuah kearifan lokal yang mana diperoleh dari keseharian masyarakat Jepara sendiri. Hal inilah yang membuat motif ukir furniture ini memiliki sesuatu yang berbeda dari produk daerah lain dan tidak bisa ditiru daerah lainnya.

Mebel asli Jepara dalam proses pembuatannya menggunakan kayu jati sebagai bahan utama materialnya salah satunya kami divajati . Hampir mencapai 80% dari keseluruhan hasil produksinya merupakan buatan tangan (handmade), bukan menggunakan mesin. Hal ini membuat hasilnya baik motif atau desain lebih teliti.

Penggunaan mesin dalam pemrosesan furniture hanya 20% dan itupun pada proses yang memang sangat sulit jika dilakukan dengan cara manual. Misalnya ketika proses pemotongan, penghalusan, pembelahan, dan juga proses akhir atau finishing suatu produk. Furniture Jepara memiliki bayak sekali manfaat bagi para penggunaannya. Jangan ragu untuk membeli produk asli Indonesia.

Itulah informasi tentang Awal Mula Mebel dan Furniture Jepara dan semoga bermanfaat buat anda yang ingin mengetahui dari sejarah awal mulanya mebel dan Furniture untuk menambah wawasan anda.