Sebagian besar bayi akan pindah ke posisi melahirkan beberapa minggu sebelum kelahiran, dengan kepala bergerak lebih dekat ke jalan lahir. Ketika ini gagal terjadi, bokong dan/atau kaki bayi akan diposisikan untuk dilahirkan terlebih dahulu. Ini disebut sebagai “presentasi sungsang” Kelahiran Sungsang. Kelahiran sungsang terjadi pada sekitar 1 dari 25 kelahiran penuh .

Apa Saja Jenis Presentasi Kelahiran Sungsang?

  • Sungsang total : Di sini, bokong menunjuk ke bawah dengan kaki dilipat di lutut dan kaki di dekat bokong.
  • Frank sungsang: Dalam posisi ini, bokong bayi diarahkan ke jalan lahir dengan kaki menempel lurus di depan tubuhnya dan kaki di dekat kepala.
  • Footling sungsang: Pada posisi ini, satu atau kedua kaki bayi mengarah ke bawah dan akan melahirkan sebelum seluruh tubuh.

Apa yang Menyebabkan Presentasi Bokong?

Penyebab presentasi bokong tidak sepenuhnya dipahami. Namun, data menunjukkan bahwa kelahiran sungsang lebih umum:

  • Pada kehamilan berikutnya
  • Pada kehamilan multipel
  • Ketika ada riwayat kelahiran prematur
  • Ketika rahim memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan ketuban
  • Ketika ada rahim berbentuk abnormal atau rahim dengan pertumbuhan abnormal, seperti fibroid
  • Dengan wanita yang memiliki plasenta previa

Bagaimana Presentasi Sungsang Didiagnosis?

Beberapa minggu sebelum tanggal jatuh tempo, dokter akan meletakkan tangannya di perut bagian bawah ibu untuk menemukan kepala, punggung, dan bokong bayi. Jika tampaknya dalam bayi sungsang, mereka dapat menggunakan ultrasound untuk mengkonfirmasi posisi.

Khusus x-ray juga dapat digunakan untuk menentukan posisi bayi dan ukuran panggul untuk menentukan apakah persalinan normal bayi sungsang dapat dengan aman dicoba.

Dapatkah Presentasi Kelahiran Sungsang Berarti Ada Sesuatu yang Salah?

Meskipun sebagian besar bayi sungsang dilahirkan sehat, ada risiko yang sedikit lebih tinggi untuk masalah tertentu. Cacat lahir sedikit lebih umum pada bayi sungsang dan cacat mungkin menjadi alasan bahwa bayi gagal bergerak ke posisi yang tepat sebelum melahirkan.

Bisakah Presentasi Sungsang Diubah?

Lebih baik mencoba mengubah bayi sungsang antara minggu ke-32 dan ke- 37 kehamilan . Metode mengubah bayi akan bervariasi dan tingkat keberhasilan untuk setiap metode juga dapat bervariasi. Yang terbaik adalah mendiskusikan opsi dengan penyedia layanan kesehatan untuk melihat metode mana yang dia rekomendasikan.

Teknik Medis

Versi Eksternal: Versi eksternal adalah teknik non-bedah untuk memindahkan bayi ke dalam rahim. Dalam prosedur ini, obat diberikan untuk membantu merilekskan rahim. Mungkin juga ada penggunaan USG untuk menentukan posisi bayi, lokasi plasenta dan jumlah cairan ketuban di dalam rahim.

Menekan perut dengan lembut dapat mengubah posisi bayi menjadi kepala-turun. Sepanjang versi eksternal, detak jantung bayi akan dimonitor secara ketat sehingga jika masalah terjadi, penyedia layanan kesehatan akan segera menghentikan prosedur. Versi eksternal memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Namun, prosedur ini menjadi lebih sulit karena tanggal jatuh tempo semakin dekat.

Kemiringan Sungsang :

Gunakan bantal besar dan tegas, angkat pinggul 12 ″ atau 30 cm dari lantai selama 10-15 menit, tiga kali sehari. Yang terbaik adalah melakukan ini dengan perut kosong ketika bayi Anda aktif. Dalam teknik ini, cobalah berkonsentrasi pada bayi tanpa menegangkan tubuh Anda, terutama di daerah perut.

Menggunakan Musik:

Kita tahu bahwa bayi dapat mendengar suara di luar rahim. Akibatnya, banyak wanita menggunakan musik atau rekaman rekaman suara mereka untuk mencoba membuat bayi mereka bergerak ke arah suara.

Menempatkan headphone di bagian bawah perut Anda dan memainkan musik atau suara Anda dapat mendorong bayi untuk bergerak ke arah suara keluar dari posisi sungsang maka dapat melakukan Kelahiran Sungsang.