Setelah kurang lebih lima bulan melalui beberapa rangkaian pelatihan dan juga seleksi, sebuah program inkubasi intensif startup studio Indonesia atau yang bisa disingkat menjadi SSI Batch 3 yang berasal dari Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada hari ini sudah resmi untuk memasuki tahapan akhir dengan suatu Miestone Day.
Milestone day sendiri merupakan acara puncak dari suatu program di mana nantinya setiap strat up akan diberikan sebuah kesempatan untuk bisa mempresentasikan bisnis dan juga pencapaian mereka selama mengikuti program tersebut, di hadapan para stakeholder seperti mislanya venture capitala serta lembaga pemerintah.
Sebelum memasuki acara puncak, para startup ini terlebih dahulu sudah melewati sebuah proses selesi dan juga kurasi yang cukup ketat sejak awal bulan September lalu. Setelah mereka sudah berhasil terpilih, maka nantinya para stratup akan melalui sebuah sesi diagnosis guna memetakan pain dan juga point dari perusahaan mereka masing-masing.
Suatu data yang berhasil di dapatkan nantinya akan menjadi sebuah landasan untuk bisa membuat pemilihan coach serta kurikulum yang pastinya sesuai. Setelah itu, nantinya para founders akan mengikuti acara Founder’s Campa atau sebuah sesi brainstorming dengan mereka para pendiri dari startup Indonesia yang sudah sukses untuk bisa mengembangkan suatu usaha rintisannya ke level yang jauh lebih tinggi lagi.
Di dalam sesi yang cukup inti ini, nantinya para start up akan bisa menggali ilmu sebanyak-banyaknya tentang bagaimana caranya untuk dapat mencapai product market fit ataupun memformulasikan suatu produk digital yang sangat sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemudian yang terakhir, sebanyak 15 start up yang sudah terpilih juga akan mendapatkan sebuah sesi privat secara 1 – On- 1 Coaching yang dilakukan selama 12 minggu dengan didampingi oleh para mentor, agar nantinya mereka bisa mempelajari serta berkonsultasi mengenai pemaparan materi sebelum akhirnya Milestone Daya atau acara puncak tiba.
Pada acara penyelenggaraan Start up Studio Indonesia Batch yang ke 3, fokus kami akan jauh lebih tajam untuk bisa membantu para start up mencari sebuah PMF atau yang mempunyai nama kepanjangan Product Market Fit. Tahap ini bisa dikatakan sangat krusial, karena memang salah satu alasan yang paling utama para start up bisa mengalami kegagalan dalam hal mengembangkan sebuah produk yang sangat dibutuhkan pasar. Untuk bisa mencapai PMF, kami sangat percaya bahwasanya sebuah metode pelatihan yang cukup efektif yaitu dengan menggunakan sesi brainstorming intensif untuk bisa mengupas semua seluk beluk dari setiap proses perancangan suatu produk.
Sonny Hendra Sudaryana, sebagai Koordinator dari Start up Digital mengatakan bahwa “Di sinilah kami akan mendatangkan berupa bantuan sebanyak 60 fasilitator yang cukup ahli untuk bisa melakukan coaching kepada kalian semua para founder dan juga akan membantu membuka banyak sekali ide terobosan serta kesempatan”.
Para jajaran dari perwakilan Kominfo, venture capital, para coach, start up yang sudah terpilih, dna juga beberapa para pembicara dari start yang sudah mengikuti sebuah program Starup Studio Indonesia sebelumnya juga ikut hadir dalam acara Milestone Day atau puncak acara. Praktis yang merupakan startup lulusan dari startup studio Indonesia batch ke 1, mengaku bahwasanya ia sangaat antusias sekali untuk bisa kembali menghadiri acara Start up Studio Indonesia sebagai seorang pembicara di acara puncak.