Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Website dan Marketing

  • JualHerbal
  • Nov 24, 2022

Cara membuat konten yang menarik tentunya bukan perkara rumit untuk sebagian orang. Tapi, ada kalanya yang baru saja terjun di dunia perkontenan masih merasa kurang mendalami cara membuat konten menarik.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami akan memberikan tutorial atau tips untuk membuat konten menarik dan bermutu sebagai strategi marketing Anda. Namun sebelum membahas tips-tips mengenai cara buat konten yang berkualitas namun tetap menarik, mari pahami dulu mengenai apa itu konten tutorial marketing (Content Marketing)

Apa Itu Konten Marketing?

Konten marketing adalah sebuah strategi marketing yang berkenaan dengan produksi konten informasi mengenai suatu layanan atau produk. Namun konten tersebut kadang tidak terbatas pada penawaran produk atau layanan, tetapi juga konten informatif mengenai tips, pengetahuan umum dan tutorial melakukan sesuatu.

Ada dua tipe cara menawarkan barang melalui sebuah konten, yaitu soft-selling dan hard-selling. Soft-selling adalah cara persuasif dalam menawarkan suatu produk atau layanan, dan dalam praktiknya penawaran tersebut terjadi secara tidak disadari, misalnya seperti memberikan internal link ke produk dalam konten.

Sedangkan hard-selling adalah sebuah cara yang lebih direct dan to the point dalam menawarkan suatu produk atau layanan. Jadi, Anda memasukkan klausa yang secara langsung mengajak calon pembeli untuk membeli produk melalui konten yang dibuat.

Nah jika sudah memahami tentang apa itu konten dan kesinambungannya dengan marketing, mari langsung saja bahas cara membuat konten yang menarik.

Cara Membuat Konten yang Menarik dan Berkualitas

Semakin maju jaman, strategi marketing yang tradisional sudah ketingalan jaman dan tidak lagi seefektif dulu. Kini saatnya Anda memulai untuk mencoba sebuah metode yang membuat bisnis semakin maju dengan pesat.

Salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas. Berikut ini adalah tips cara membuat konten yang menarik.

1. Adakan Riset Konten

Melakukan riset dengan melihat apa yang sedang terjadi, bagaimana kompetitor membuat kontennya dan riset kata kunci akan membantu Anda dalam membentuk konten berkualitas.

Selain itu, riset konten akan mempermudah Anda dalam membuat konten secara komperhensif dan runtut, sekaligus tetap informatif.

2. Pertahankan Orisinalitas

Hindari plagiarisme dan jaga agar kualitas konten yang Anda buat tetap original, terutama konten yang akan diunggah ke website.

Google bisa mendeteksi konten mana yang terdeteksi melakukan tindakan plagiarisme, dan hal tersebut akan mempengaruhi performa SEO website Anda.

Untuk menghindarinya, Anda bisa senantiasa memeriksa konten yang ditulis dengan aplikasi cek plagiarisme online gratis.

3. Buat Judul (Headline) Menarik

Membuat judul sebuah konten yang mengalihkan perhatian orang tidak kalah penting dari membuat isi konten itu sendiri.

Komunikasikan isi konten Anda melalui headline yang engaging dan informatif supaya orang-orang ingin berkunjung ke website atau melihat konten secara menyeluruh.

4. Temukan Tone/Nada yang Sesuai

Ada hal lain yang perlu Anda ingat. Konten pada website atau media sosial bisnis Anda adalah salah satu media untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Maka dari itu, Anda perlu menemukan tone atau nada yang sesuai dengan target pasar Anda.

Apakah santai atau formal? Atau mungkin, semi-formal? Selain membuat target pasar Anda merasa nyaman, tone ini bisa membantu untuk membentuk persona brand.

5. Fokus

Pikirkan fokus Anda dalam membuat konten tersebut. Hal ini dalam artian apakah Anda ingin pengunjung mendapatkan ilmu yang bisa dipelajari atau hanya memberikan informasi kepada target pasar?

Hal ini bisa Anda gunakan sebagai patokan bagaimana konten tersebut akan dibuat dan mengikat konten menjadi lebih solid.