Cara Mengoptimasi SEO On Page

  • 2 min read
  • Aug 03, 2021
SEO On Page

SEO on page juga dikenal dengan ‘on-site SEO’ merupakan praktik mengoptimalkan page website untuk memperoleh peringkat pertama serta memperoleh lalu lintas organic pada mesin pencari Google. Bagi anda yang belum mengenal lebih dalam mengenai SEO on page ini, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Alasan Pentingnya SEO On Page

SEO on page dianggap sangat penting sebab mampu membantu search engine untuk memahami situs website, konten dan juga mengidentifikasi apakah sesuai dengan kueri pencari. Ketika mesin pencari menjadi sangat canggih, terdapat fokus yang lebih tinggi pada relevansi serta semantik pada halaman hasil search engine (SERP).

Pengoptimalan SEO on page memang harus menjadi sebuah prioritas. SEO off page yang anda buat tidak akan memberikan hasil yang bermanfaat apabila tidak memperhatikan berbagai dasar SEO on page sebelumnya. Relevansi merupakan bagian besar dari adanya SEO on page ini untuk memperoleh peringkat pertama di mesin pencari Google.

Cara Mengoptimasi SEO On Page

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO on page, antara lain :

Konten berkualitas

Pengguna memakai Google Search dalam mencari konten yang relevan dan berkualitas. Mesin pencari Google harus memahami konten yang akan disajikan sebelumnya, terkait :

  • Apakah informasi dapat dipercaya?
  • Apakah konten disertai dengan analisi yang pasti?
  • Apakah penulis sudah ahli dalam memberikan perspektif unik?
  • Apakah gaya dan kualitas penulisan unik dan menarik?
  • Apakah konten dibuat secara otomatis atau duplikat?

Judul yang menarik

Ketika pengguna mencari informasi dari Google, yang akan muncul pada hasil pencarian merupakan judul dengan deskripsi dari web atau disebut dengan SERP (Search Engine Result Page). Membuat judul yang unik dan menarik bisa menjadikan pengunjung tertarik untuk berselancar di halaman website anda.

Meta deskripsi

Merupakan tag meta dengan deskripsi terkait apa halaman tersebut, sering ditampilkan pada SERP pada bagian bawah judul page. Meta deskripsi ini menjadi poin penting untuk mengoptimalkan SEO.

Heading dan Subheading

Tag heading merupakan elemen HTML baik H1 hingga H6 yang dipakai untuk identifikasi judul serta sub judul pada konten web anda dari jenis teks paragraf yang lain.

Tag heading memang tidak begitu penting untuk meningkatkan peringkat situs, namun tag ini masih mempunyai fungsi bagi pengguna serta SEO anda.

Penulisan SEO

Penulisan SEO yaitu menulis konten atau isi dengan mempertimbangkan search engine dan juga pengguna. Terdapat strategi dalam menulis artikel SEO yang solid.hanya menulis konten bagi kepentingan kata kunci bervolume tinggi saja tidak akan memberikan manfaat jangka panjang.

Ingatlah, bahwa anda membuat konten untuk banyak orang, maka dari itu, konten artikel anda harus memiliki kualitas yang bagus, relevan dan bermanfaat.

Optimasi gambar

Menambahkan sebuah gambar merupakan cara yang bagus untuk optimasi SEO on page anda agar lebih menarik. Namun tidak semua gambar memiliki fungsi yang sama, jika gambar tidak relevan justru akan memperlambat situs anda.

Mengoptimalkan gambar secara tepat bisa membantu anda dalam memaksimalkan aset SEO dengan baik.

Audit konten

Mayoritas pembuat konten fokus dengan pembuatan konten baru dan melupakan audit konten yang sudah ada. Padahal sebenarnya ini adalah cara yang salah. Audit konten bisa membantu strategi SEO jadi sebaiknya dilakukan secara teratur.

SEO on page sangatlah penting terutama bagi anda yang ingin menaikkan peluang situs web anda agar bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian. Untuk mengoptimalkan SEO on page ini anda bisa menggunakan jasa backlink terpercaya dan profesional.