Cara Menjaga Kandungan Tips dari SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 05, 2021
Chat Dokter Kandungan

Ada banyak penyesuaian tubuh wanita yang dipicu oleh perubahan hormon ketika hamil. Karena hal ini juga bertujuan agar bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan normal serta sehat dalam kandungan ibu hamil.

Tips Praktis Dalam Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat

Berikut dibawah ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan muda, di antaranya yaitu:

  • Mengatasi keluhan serta perubahan fisik

Saat ini ada berbagai perubahan fisik yang ada dalam kehamilan yang biasanya terjadi yaitu mual muntah atau morning sickness, bisa juga payudara terasa nyeri, ataupun sering buang air kecil, lalu tubuh mudah lelah, seeing merasa pusing, sulit buang air besar, dan juga keinginan makan sesuatu di luar kebiasaan atau bisa dikatakan ngidam. Bukan hanya itu, ibu hamil juga ada yang sifatnya sensitif terhadap bau tertentu, misalnya seperti parfum ataupun asap rokok. Supaya bisa meringankan gejala morning sickness, maka ibu hamil juga biaa mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dengan lebih sering. Kemudian perbanyak minum air putih, selingi dengan minuman jahe. Bukan hanya itu, tapi beristirahat yang cukup juga bisa membantu mengurangi rasa lemas ketika hamil muda. Yakni untuk mencegah sembelit ketika hamil muda, kamu juga bisa batasi makanan yang digoreng, batasi makanan pedas, dan juga minuman soda. Lengkapi pula dengan makanan kaya serat dan lakukan aktivitas tubuh yang ringan.kamu juga bisa hindari menahan buang air kecil, karena hal tersebut juga dapat memicu infeksi saluran kemih. Supaya membantu mengatasi pusing ketika hamil muda, maka kamu bisa hindari berdiri terlalu lama dan jangan mengubah posisi secara tiba-tiba. Bisa juga sambil berbaring ke sebelah kiri akan membantu meringankan pusing.

  • Harus menghindari rokok, minuman beralkohol, serta membatasi kafein

Ada salah satu faktor risiko yang bisa menyebabkan keguguran, kemudian bayi terlahir prematur, dan juga masalah plasenta yang bermasalah yakni dari rokok. Ada beberapa penelitian bahkan mengaitkan rokok dengan pada kondisi bibir sumbing. Sehingga hindari juga  minuman beralkohol karena akan dapat meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah, adanya gangguan tumbuh kembang, serta juga biaa menjadi hiperaktif. Kamu juga bisa batasi asupan kafein untuk bisa menghindari risiko keguguran dan masalah lain dalam menjaga kehamilan muda kamu. Tidak hanya itu, hindari juga tentang kegiatan atau hobi yang membuat ibu hamil menggunakan zat kimia misalnya seperti cairan pembersih, cairan pestisida, ataupun yang mengandung logam berat.

  • Bisa Mengendalikan kondisi emosional

Masa kehamilan dapat memicu berbagai emosi, misalnya seperti gembira, sangat bersemangat sampai gelisah dan perubahan mood yang tidak terkontrol. Ibu hamil muda juga seringkali cemas mengenai kondisi bayi, bisa juga kemampuan mengasuh, sampai kondisi finansial. Akan tetapi, jangan sampai hal-hal tersebut bisa menyebabkan stres. Namun sangat normal bila ibu hamil mengalami perubahan emosi yang sangat naik turun ataupun tiba-tiba merasa ingin menangis. Ibu hamil juga harus menikmati setiap proses dalam menjaga kehamilan, dan jangan terlalu memaksakan ataupun menghakimi diri sendiri. Ibu ham juga bisa minta dukungan dari keluarga dan pasangan. Jika memang ada perubahan mood menjadi sangat intensif, maka ibu hamil juga bisa konsultasikan ke dokter kandungan atau psikolog atau bisa langsung chat dokter kandungan.

Ngomong-ngomong soal chat dokter kandungan maka kamu juga bisa melakukannya di website SehatQ sebagai langkah untuk melakukan pencegahan masalah yang bisa jadi timbul.