Dokter Spesialis Bedah Vaskuler dan Endovaskuler: Mengenal 5 Jenis Penyakit Pada Pembuluh Darah

  • 2 min read
  • Dec 04, 2019
Dokter Spesialis Bedah Vaskuler dan Endovaskuler: Mengenal 5 Jenis Penyakit Pada Pembuluh Darah

Sistem peredaran darah dalam tubuh manusia umumnya sangat berhubungan dengan 3 buah bagian penting, diantaranya adalah jantung, pembuluh darah dan juga darah itu sendiri. ini adalah komponen yang sangat vital dan berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia, karena jika seandainya sampai terjadi masalah maka resikonya juga sangat tinggi, karena bisa menyebabkan terjadinya kematian. Darah itu membawa zat-zat nutrisi dan juga oksigen yang nantinya akan diedarkan ke seluruh sel-sel tubuh manusia, sehingga jika jalannya terhambat atau kondisinya tidak normal, sudah pasti berpotensi untuk merusak organ tubuh yang lain juga.

Sehingga jika sudah terdeteksi masalah kesehatan yang sifatnya cukup fatal, seperti pembuluh darah yang bermasalah dan sejenisnya, harus segera melakukan pengobatan ke dokter spesialis bedah vaskuler dan endovaskuler . Tidak semua rumah sakit memang memiliki layanan bedah vaskuler dan juga endovaskuler ini, sehingga pasien harus cari-cari rujukan terbaik guna mengatasi masalah kesehatan tersebut. Apalagi memang pada dasarnya kondisinya cukup vital, jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan komplikasi.

Sebelumnya penting bagi Anda untuk mengenali terlebih dahulu beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah dan rentan untuk menyerang siapa saja, yaitu:

  1. Hipertensi, dikenal juga sebagai tekanan darah tinggi, penyakit ini adalah kondisi yang umum dialami oleh siapa saja. Membuat jantung dipaksa untuk bekerja keras dalam memompa darah, karena memang alirannya tidak lancar, jika dibiarkan terlalu lama tanpa ada pengobatan atau penanganan yang tepat, sudah pasti nantinya memicu kondisi yang lebih serius, seperti diantaranya adalah serangan jantung, stroke bahkan juga komplikasi dengan masalah kesehatan yang lainnya.
  2. Aterosklerosis, ini adalah penyakit yang terjadi karena penyempitan atau pengerasan pembuluh darah, terjadinya penyempitan pada pembuluh darah ini sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan disebabkan oleh penumpukan senyawa-senyawa layaknya kolesterol, lemak dan juga zat-zat sisa lainnya yang terjadi pada dinding pembuluh darah, sehingga lama- kelamaan hal ini nantinya juga akan menghambat pembuluh darah Anda, juga bisa menjadi penyebab masalah jantung hingga stroke.
  3. Aneurisma aorta, penyakit yang disebabkan oleh dinding aorta yang menggelembung atau terjadi pembesaran secara tidak normal, sehingga sewaktu-waktu gelembung tersebut juga dapat pecah dan menyebabkan pendarahan, jika sudah masuk ke fase ini juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan terjadinya kematian.
  4. Varises, jangan salah karena varises ini sebenarnya bukan sekedar kelainan, melainkan penyakit, yaitu disebabkan oleh pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan atau tampak menonjol di bagian permukaan kulit. Hal ini dipicu karena darah yang seharusnya dialirkan ke jantung justru kembali ke kaki, karena memang katup vena tersebut tidak menutup secara baik, menyebabkan pembuluh vena ini mengalami pembengkakan.
  5. Penyakit jantung, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ jantung kebanyakan memang dipicu oleh pembuluh darah yang bermasalah, sehingga membuat jantung juga terkena imbasnya, karena dipicu untuk bekerja secara lebih keras. Sehingga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan, seperti diantaranya adalah menyebabkan gagal jantung, jantung koroner, serangan jantung, aritmia dan masih banyak lagi.

Sebenarnya sangat mudah untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga organ jantung ini, diantaranya adalah menjaga pola makan Anda agar tetap sehat diimbangi dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti diantaranya adalah olahraga. Hanya saja jika sudah mulai dirasakan gejala-gejalanya segera periksa ke dokter spesialisnya, apalagi jika kondisinya serius maka harus mendapat rujukan ke dokter spesialis bedah vaskuler dan endovaskuler.