Fenomena Persaingan Digital Banking dan Bank Digital

  • 3 min read
  • Sep 11, 2021
Digital Banking

Digital Banking dan bank digital merupakan dua hal yang berbeda namun sama-sama bergerak dalam bidang keuangan masyarakat di Indonesia. Maraknya bank digital yang baru berkembang menjadi fenomena tersendiri dan menjadikan bank konvensional dengan layanan Digital Banking harus terus berinovasi.

Bagaimana tidak? Sejak 2016 bank digital terus menunjukkan produknya yang mudah untuk dioperasikan oleh masyarakat di Indonesia. Namun tahukah Anda apa bedanya dengan Digital Banking produk dari bank konvensional? Dari dua layanan keuangan tersebut mana yang harus kita pilih dan mana yang lebih banyak memberikan keuntungan bagi para nasabah?

Bedanya Digital Banking dan Bank Digital

Secara umum kedua layanan keuangan ini sama-sama memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara online. Tentunya hal ini menjawab kebutuhan masyarakat di era digital dengan perkembangan teknologi fintech atau neobank. Nah berikut ini beberapa perbedaan yang akan Anda temukan diantara keduanya.

  • Digital Banking adalah sebuah transformasi dan inovasi dari bank konvensional dalam memberikan pelayanan. Yaitu dari cara tradisional ke cara online atau daring. Digital Banking menawarkan berbagai fitur atau layanan perbankan secara online lewat internet banking maupun aplikasi mobile banking. Namun begitu, layanan perbankan bank tersebut tetap masih bisa diakses secara offline melalui kantor cabang.
  • Bank digital secara umum meminimalisir layanan offline dan memfokuskan aktivitasnya secara online. Beberapa bank digital hanya memiliki sedikit kantor fisik, bahkan ada yang tidak punya sama sekali.

Salah satu kelebihan bank konvensional yang memiliki layanan digital banking adalah biasanya bank tersebut sudah berdiri lama sehingga reputasi bank sudah jelas di mata masyarakat. Hal ini tentunya membuat masyarakat lebih tenang dalam menyimpan maupun memutarkan uangnya. Salah satu bank konvensional yang memiliki layanan Digital Banking terpercaya adalah PermataBank dengan PermataMobile X.

Kelebihan Menggunakan PermataMobile X

Saat memilih layanan Digital Banking dari bank konvensional Anda harus mempertimbangkan kelebihan apa saja yang dapat mereka berikan pada nasabah. Kelebihan m banking dapat kita lihat dari banyaknya fitur yang mereka berikan dan sistem manajemen keuangan online yang mereka tawarkan. Nah berikut ini merupakan kelebihan dari PermataMobile X sebagai produk Digital Banking dari PermataBank:

● Praktis

Saat akan memilih Digital Banking dengan layanan m banking terbaik, salah satu yang harus Anda pertimbangkan adalah nilai kepraktisannya. Mulai dari hal yang simpel seperti apabila Anda mempunyai lebih dari satu akun rekening, maka semua akun tersebut bisa tampil dalam satu aplikasi m banking. Nah dalam PermataMobile X semua rekening yang Anda punya bisa muncul pada dashboard yang sama.

● Cek Mutasi Rekening Gampang

Dalam PermataMobile X Anda bisa melakukan pengecekan mutasi rekening yang terjadi selama 12 bulan terakhir. Sehingga semua transaksi bisa Anda pantau dan terekam di dalam akun m banking Anda.

● Ratusan Fitur

PermataMobile X mempunyai ratusan fitur perbankan yang tersedia dan siap dipakai oleh para nasabah mereka. Pastikan aplikasi m banking yang Anda punya selalu update sehingga Anda bisa mengakses fitur-fitur baru yang mereka sediakan.

Fitur-Fitur Penting di M Banking PermataMobile X

Saat Anda sudah mempunyai akun m banking di PermataBank maka Anda bisa mengakses 200 lebih fitur perbankan. Fitur-fitur tersebut sangat penting dan bisa memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi perbankan.

● PermataStore

Di PermataMobile X Anda bisa mengajukan berbagai produk perbankan PermataBank secara online tanpa perlu ke cabang melalui PermataStore, seperti tabungan, deposito, KTA, maupun kartu kredit.

● Investasi

Selanjutnya ada pula fitur investasi yang mana memudahkan Anda dalam proses pembelian, kemudian penjualan produk investasi maupun switching transaksi reksa dana. Semuanya bisa kalian lakukan dalam satu aplikasi mobile banking.

● Kartu Kredit

Apabila Anda memiliki kartu kredit dari PermataBank, Anda bisa mengecek penggunaan kartu kredit Anda, begitu pula dengan mengajukan kenaikan limit sementara, mengubah transaksi menjadi cicilan, hingga pengajuan kartu kredit tambahan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X.

● Pinjaman

Pada PermataMobile X Anda juga bisa mengajukan pinjaman KTA secara online dengan dana pinjaman hingga Rp300 juta. Dengan begitu kalian tak perlu lagi antre di kantor cabang PermataBank untuk memperoleh pinjamanKTA.

● Finger Print & Face ID

Keamanan m banking PermataBank juga ditunjukkan dari opsi login menggunakan teknologi finger print dan face ID sehingga akun mobile banking Anda bisa terjaga lebih aman.

● QR Pay

Saat ini sudah jamannya metode pembayaran cashless. Dengan PermataMobile X Anda bisa membayar menggunakan fitu QR Pay di semua merchant yang memiliki logo QRIS. Tentunya hal ini menjadikan transaksi pembayaran menjadi lebih cepat dan praktis.

● Fitur Lain

Semakin banyak fitur di menu Digital Banking maka semakin banyak hal yang bisa dilakukan oleh nasabah. Di PermataMobile X selain fitur di atas juga masih ada ratusan fitur lainnya yang bisa membuat transaksi perbankan lebih mudah dan cepat.

Apabila Anda tertarik m banking dari PermataBank bisa kalian urus dengan mudah. Pertama-tama download saja aplikasi PermataMobile X di smartphone yang kalian gunakan. Lalu lakukan registrasi sesuai dengan panduan yang ada.