Inilah Berbagai Terkait Biografi yang Perlu Kamu Ketahui

  • 2 min read
  • Aug 19, 2021
biografi dalam bahasa inggris

Dalam membaca sesuatu mungkin kamu pernah membaca kisah hidup dari para tokoh pahlawan dalam negeri, seperti Ir. Soekarno atau yang lainnya. Terkadang juga banyak di internet banyak juga ditemui tokoh seperti R.A Kartini, Pangeran Diponegoro dan yang lainnya. Itu semua semua jika dalam bahasa indonesia disebut dengan contoh biografi seorang tokoh.

Dalam biografi ini banyak hal yang perlu kamu ketahui misalnya seperti apa sebenarnya biografi dan bagaimana cara menulisnya. Selain itu kamu juga perlu mempelajari terkait bagaimana struktur yang harus ada dalam biografi ini. Terkait dengan biografi ini sebenarnya antara bahasa indonesia dengan bahasa inggris juga sama saja. Jadi terkait pengertian dan berbagai struktur di dalamnya tidak jauh berbeda.

Pengertian Biografi

Meski kamu sering membaca kisah dari Presiden pertama RI tetapi terkadang kurang mengertia apa sebenarnya pengertian dari biografi ini. Secara istilah, biografi ini adalah suatu yang yang berisi tentang suatu tokoh dalam mengarungi kehidupanya di dunia ini.

Satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa biografi ini ditulis oleh orang lain. Sehingga, bukan orang itu sendiri yang menulis kisah hidupnya ini. Hal berbeda dengan autografi, dimana dalam proses penulisan itu di tulisan sendiri.

Struktur Biografi

Dalam struktur biografi ini terbagi dalam tiga bagina penting yang perlu kamu pahami, diantaranya adalah orientasi. Struktur pada biografi ini memuat tentang pengenalan pada suatu tokoh dan juga latar belakang dari tokoh itu sendiri.

Bentuk penulisan pada bagian ini tentu dibuat sederhana sehingga mudah dipahami dan di baca oleh pembaca. Selain itu, pada bagian ini juga diceritakan terkait peristiwa yang terjadi pada tokoh tersebut. bagian orientasi ini juga bisa jadi kata pengantar sebelum masuk pada pembahasan yang lebih detail.

Selain orientasi, struktur lain yang harus ada pada biografi adalah peristiwa penting. Bagian ini bisa disebut bagian ini dari biografi karena pada bagian ini diceritakan kisah dari seorang tokoh tersebut. Hal terpenting lainnya adalah semua peristiwa ini dibuat dengan cara sesuai kronologi yang ada dan juga sesuai rentetan waktunya.

Tidak hanya itu, pada bagian ini juga pihak penulis bisa memberikan komentar terkait kisah sejarah dari tokoh tersebut. hal lain yang bisa kamu dapatkan pada bagian ini adalah pembaca bisa banyak mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah perjalanan hidup seorang tokoh.

Bagian lain dari struktur ini adalah juga ada reorientasi, memuat tentang kesimpulan dari semua yang pernah ditulis sebelum tentang peristiwa dari seorang tokoh tersebut. mudahnya reorientasi ini bisa dikatakan kesimpulan jika itu dalam artikel. Jadi pada bagian ini penulis bisa memberikan komentar atau hikmah singkat yang dapat diambil dari perjalanan tokoh tersebut.

Itulah beberapa hal terkait adanya biografi pada seorang tokoh yang ditulis oleh seorang penulis yang mengetahui secara pasti kisah hidupnya. Tentu dengan adanya biografi ini bisa membuka pikiran seseorang untuk bisa membaca dan menganalisa bagaimana dan apa hikmah yang bisa diambil dari peristiwa tersebut.

Jika biografi dalam bahasa Indonesia mungkin sudah banyak di baca dan diketahui banyak orang. Tetapi jika biografi itu dalam bahasa inggris tentu bisa terbilang tidak semudah menemukan biografi berbahasa Indonesia. Inilah contoh biografi dalam bahasa inggris yang bisa kamu lihat, sehingga kamu bisa dengan mudah belajar menulis akan biografi seorang tokoh.