Inilah Cara Imun Tubuh Melawan Covid-19

  • 2 min read
  • Jul 16, 2021
Imun Tubuh

Masih banyak pertanyaan mengenai serangan Covid-19 yang begitu luas, dan terus meluas hingga saat ini. Satu-satunya jawaban untuk menangkalnya hanyalah kekuatan imun tubuh. Kekebalan tubuh ini menjadi benteng untuk bertahan di tengah panemi yang tak kunjung usai.

Tidak hanya Covid-19, semua serangan penyakit yang masuk ke dalam tubuh akan bertarung dengan sistem imun ini. Jika pun tidak bisa bertahan, dengan imun yang kuat, maka proses penyembuhannya akan lebih cepat. Karena itu Anda perlu mengenali bagaimana daya tahan tubuh bekerja, sehingga bisa bertahan di kondisi seperti ini.

Nah, simak cara sistem pertahanan dalam tubuh ini melawan Covid-19 berikut!

  1. Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh manusia memiliki dua sistem kekebalan tubuh. Pertama dinamakan sistem kekebalan bawaan, yang merupakan pertahanan pertama ketika penyakit menyerang.

Saat virus Covid-19 menyerang, sistem ini akan bekerja selama beberapa menit, hingga berjam-jam. Bentuk dari sistem ini berupa penghalang fisik, seperti kulit, lapisan pelindung di tenggorokan, usus, dan sebagainya.

Bahan kimia dalam darah, dan sel kekebalan tubuh juga termasuk dalam sistem ini. Sistem ini memiliki fungsi untuk meminimalisir penyebaran virus.

Kedua, sistem kekebalan adaptif yang merupakan antibodi dan sel darah putih. Berbeda dengan sistem bawaan, sistem yang satu ini akan lebih spesifik dalam mengenali virus, kemudian menyerangnya.

Namun proses dalam mengenali, dan kemudian menyerang balik virus Covid-19 akan membutuhkan waktu yang lebih lambat dari sistem bawaan. Respon dari sistem ini akan banyak waktu hingga berhari-hari, bahkan hingga berminggu-minggu untuk melawan virus.

Proses yang dilakukan oleh sistem ini adalah dengan memproduksi sel B, yang merupakan sel darah putih. Sel ini dibuat oleh sumsum tulang belakang, dan membentuk antibodi yang akan melawan virus.

Tubuh juga akan menyimpan memori dalam pembentukan antibodi tersebut. Dengan adanya hal ini, maka tubuh Anda bisa secara efektif untuk menangkal virus di masa depan.

  1. Respon Imun Terhadap Covid-19

Seperti disebutkan pada sistem kekebalan tubu, sistem imun bawaan akan menyerang virus yang masuk. Kemudian virus adaptif akan membersihkannya, dan menampung memori untuk serangan di masa yang akan datang.

Respon ini, tentunya untuk imunitas seseorang yang mampu bertahan dan berhasil mengalahkan virus. Akan tetapi untuk pasien dengan kondisi parah, terjadi ketidaksinkronan antara sistem kekebalan bawaan dengan adaptif. Hal ini bisa menyebabkan kondisi pasien bisa mengalami kritis.

  1. Bagaimana Penderita Covid-19 Mengalami Kondisi yang Parah?

Kebanyakan kasus terjadi akibat adanya penyakit bawaan, seperti kegemukan, paru-paru, kardiovaskuler, diabetes, hingga kegemukan. Penyakit bawaan ini akan membuat sistem imun tidak bisa bekerja dengan baik.

Imun memberikan sinyal bantuan melalui sitokin yang bertugas dalam mengirim informasi, namun terjadi yang namanya badai sitokin atau gangguan sinyal informasi. Sistem kekebalan menjadi hiperaktif, dan malah mengganggu fungsi imun tubuh.

Terjadi peradangan yang sebenarnya merupakan fungsi lain dari sitokin untuk membersihkan infeksi. Peradangan tersebut malah semakin parah, dan menyebabkan gangguan semakin meningkat. Hingga kondisi penderita Covid-19 semakin parah.

Namun, sistem imun tubuh bisa diperkuat dengan menggunakan suplemen khusus. Rhea Health Tone yang telah diciptakan dengan riset selama bertahun-tahun membuktikan hal itu. Dibuat dari ekstrak tanaman obat legendaris yang memberikan khasiat luar biasa terhadap sistem kekebalan tubuh.

Para ahli telah merekomendasikan produk dari Rhea Natural Sciences ini untuk melindungi Anda dari Covid-19. Produk biofarmasi ini ini mampu secara efektif menangkan virus, bakteri, dan jamur yang berbahaya. Jadi, kuatkan imun tubuh Anda dengan produk yang telah terbukti efektif dan telah diakui oleh badan keamanan pangan ini.