Kenali Beragam Jenis Cabe dan Tips Menyimpan Agar Tidak Mudah Busuk Berikut Ini!

  • 2 min read
  • Sep 01, 2021
cabe segar

Cita rasa yang kuat merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang cukup beragam. Dari sekian banyak rasa yang disajikan dalam makanan, pedas menjadi salah satu yang banyak diincar apalagi turis asing. Unsur utama yang menjadikan sensasi pedas itu sendiri dari bahan cabe, ada beberapa jenis yang dikenal. Mulai dari cabe merah, cabe hijau, cabe keriting, dan masih banyak lagi lainnya. Apapun jenis makanan, seperti kurang lengkap tanpa ada sambal ataupun cabe sebagai pendukungnya. Bahkan saat ini banyak usaha kuliner yang menjadikan cabe sebagai acuan kepedasan, seperti level pedas dari mie, bakso, ayam goreng dan lainnya.

Jenis Cabe Di Indonesia

Dari semua varian cabe, masing-masing menyimpan rasa atau ciri khas yang berbeda. Inilah yang menjadikan satu jenis dengan lainnya tidak cocok untuk setiap masakan. Artinya masakan satu cocok menggunakan cabe besar dan belum tentu nikmat jika diganti dengan cabe kecil. Nah, supaya tidak keliru membedakan berikut ini beberapa jenis yang bisa Anda temui yaitu:

  1. Cabe merah besar.

Ini masuk dalam jenis cabe yang paling sering digunakan dalam masakan, terbagi menjadi 2 yaitu cabe merah besar dan cabe merah keriting. Mempunyai warna merah menyala jadi selain untuk memberikan sensasi pedas juga bisa mendukung warna dari sebuah masakan.

  1. Cabe merah keriting.

Mempunyai ciri khas keriting sehingga digunakan untuk namanya, umumnya ini digunakan dalam tumisan. Rasa pedas yang dimiliki tidak terlalu strong meskipun biji cabe didalamnya cukup banyak pula.

  1. Cabe rawit merah.

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin sudah tidak asing dengan perkataan tersebut? Nah, ini bisa menggambarkan jenis cabe yang satu ini. Dimana ukurannya kecil tetapi rasa pedas yang dimiliki lebih dari pada 2 jenis cabe yang sebelumnya. Sering digunakan untuk campuran masakan ataupun gorengan.

  1. Cabe hijau besar.

Ini merupakan bentuk muda dari jenis cabe merah besar, sama seperti paprika yang memiliki tingkatan rasa dan warna berbeda. Tekstur yang ini lebih renyah dan warna hijau tua cukup kuat sehingga bisa dijadikan sebagai pewarna pasa masakan.

Cara menyimpan cabe

Sebenarnya masih banyak jenis cabe yang bisa Anda temukan di Indonesia, paprika juga termasuk didalamnya. Namun lebih penting lagi dari jenisnya, Anda perlu paham cara penyimpanan yang tepat supaya cabe segar tetap awet meskipun sudah berhari-hari. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

  1. Coba untuk mencabut tangkai cabe.
  2. Tidak perlu untuk mencuci terlebih dahulu ketika akan disimpan.
  3. Simpan dalam tempat yang tertutup.
  4. Masukkan cabe dalam kulkas dengan tidak mencampurkan bahan lain dalam wadah yang sama.
  5. Jika ingin menyimpan di luar kulkas, pastikan tempat yang Anda gunakan kering sehingga tidak membuat cabe lebih cepat membusuk.

Sebenarnya menyimpan cabe itu juga dipengaruhi oleh kualitas dari cabe itu sendiri. Dimana ketika Anda membeli cabe segar di TaniHub pasti akan lebih bertahan lama dari pada membeli yang belum diketahui kualitasnya. Ya, TaniHub merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan beragam jenis sayuran, buahan dan keperluan dapur lainnya dalam kondisi yang masih segar. Meskipun dijual melalui online namun kualitas produk sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Temukan cabe segar dalam berbagai jenis serta bahan lainnya, yuk cek di TaniHub sekarang juga!