Oleh: Teguh Boentoro

Seorang wanita menggendong bayi perempuannya saat dia mengawasi penganggaran dan mengelola keuangan selama resesi.

Pada bulan Maret, 58% orang Amerika menyatakan bahwa coronavirus memiliki dampak “agak negatif” atau “sangat negatif” pada keuangan mereka, menurut Dewan Pendidik Keuangan Nasional. Dan ketika masa sulit, mempertahankan anggaran adalah bagian penting dari kelangsungan finansial Anda.

Anda mungkin kehilangan penghasilan atau merasa tidak pasti tentang masa depan, tetapi Anda dapat mengambil langkah nyata untuk menempatkan kesehatan uang Anda pada pijakan yang tepat. Ini mungkin berarti menarik kembali kendali keuangan sampai ada kepastian lebih dalam hidup Anda. Ketika keadaan menjadi sulit secara finansial, berikut adalah beberapa strategi untuk menjaga kepala Anda di atas air:

Jalani Arus Kas Dengan Sisir Bergigi Halus

Jika Anda tidak tahu apa yang masuk dan keluar, tidak mungkin tahu di mana Anda bisa menghemat uang. Bacalah beberapa bulan terakhir dari laporan bank dan tagihan kartu kredit untuk mengetahui di mana Anda menghabiskan uang tunai Anda — Anda mungkin akan terkejut dengan ke mana perginya sebagian uang itu.

Bangun Anggaran Berbasis Nol

Sekitar satu dari lima orang sama sekali tidak memiliki anggaran, menurut Debt.com. (Alasan terbesar untuk tidak melakukannya: Mereka merasa mereka tidak mendapatkan penghasilan yang cukup atau terlalu menyita waktu.) Jika Anda sejauh ini mengarahkan pengeluaran Anda, ini saatnya untuk menjadi serius. Buat rencana yang mengalokasikan setiap dolar untuk tugas tertentu. Jika memungkinkan, berikan anggaran resesi sedikit ruang gerak jika Anda menerima pemotongan gaji atau kesulitan keuangan lainnya. Jika Anda mengandalkan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan, tentukan apa yang perlu Anda potong untuk memungkinkannya berhenti hidup dengan hutang. Anda dapat mengelola anggaran Anda dengan aplikasi seperti Mint atau Dobot.

Potong Lemak

Mungkin Anda kehilangan pekerjaan. Mungkin Anda bisa kehilangan pekerjaan. Mungkin Anda hanya menghadapi banyak rasa tidak aman selama beberapa bulan ke depan. Periksa pengeluaran Anda, identifikasi yang harus dimiliki, dan cobalah untuk menghilangkan sebanyak mungkin sisanya. Jika itu kebijaksanaan, bisakah Anda hidup tanpanya sebentar? Itu berarti hal-hal seperti takeout, pakaian, dan hiburan, antara lain. Semakin sedikit Anda menghabiskan sekarang, semakin banyak yang Anda miliki jika Anda cuti atau diberhentikan.