Mengenal Metode Swab Tes Covid-19 Lengkap

  • 2 min read
  • Aug 24, 2021
Metode Swab Tes Covid-19

Di Indonesia menerapkan beberapa cara pemeriksaan atau tes untuk menelusuri penyebaran virus corona. Apabila mempunyai data siapa saja yang telah maupun tertular virus Corona juga akan dapat membantu untuk menghentikan dan mengatasi laju penularan virus ini. Oleh karena itulah pemeriksaan perlu dilakukan untuk penanggulangan pandemi ini. Tes pemeriksaan covid-19 yang dilakukan ada dua macam yaitu rapid tes yang merupakan metode sekrining awal dan juga RT PCR atau swab tes. Seperti yang telah banyak diketahui bawah RT PCR mempunyai hasil akurat yang lebih baik dibandingkan rapid tes.

Tes swab mempunyai dua jenis yang dapat dipilih yaitu swab antigen dan swab PCR. Dimana untuk swab antigen mempunyai keuntungan dan karakteristik seperti berikut:

  1. Tes swab antigen merupakan metode pertengahan yang bisa digunakan diantara rapid test dan swab PCR. Tes ini dilakukan dengan metode yang sama seperti PCR yaitu dengan diambil sampel berupa protein virus yang akan dilakukan pemeriksaan ke lab.
  2. Pengambilan sampel tersebut dilakukan 2 hari sebelum gejala hingga 7 hari setelah infeksi.
  3. Hasil tes ini cepat keluar yaitu hanya 15 menit hingga 1 jam saja dan dilakukan lebih dari 1 kali apabila hasilnya negatif untuk dapat mengonfirmasi hasil tersebut.
  4. Mempunyai hasil akurasi yang lebih rendah dibandingkan swab PCR test.
  5. Mempunyai biaya lebih murah dibandingkan swab PCR test tetapi lebih mahal dibandingkan rapid test.

Untuk jenis swab tes selanjutnya adalah swab PCR test. Jenis ini bisa dilakukan di rumah sakit dan merupakan jenis pemeriksaan yang paling akurat. Sehingga apabila ingin hasil yang paling akurat, maka bisa memilih pemeriksaan yang satu ini. Metode pemeriksaan yang dilakukan dengan tes ini adalah dengan mendeteksi langsung genetik virus dan seperti dengan tes antigen akan dilakukan pengambilan sampel yang ada di bagian belakang hidung dan dibelakang mulut.

Karakteristik dan keunggulan dari swab PCR test yang bisa didapatkan adalah:

  1. Tes ini bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada waktu ideal khusus untuk dapat tes swab PCR.
  2. Mempunyai hasil yang paling akurat dibandingkan pemeriksaan covid lainnya yang ada di Indonesia.
  3. Mempunyai waktu untuk mengetahui hasil pemeriksaannya lebih lama yaitu 2 hingga seminggu.
  4. Mempunyai harga yang juga tinggi, seperti anjuran terbaru dari pemerintah adalah 450-500 ribu. Sebelumnya biaya PCR bisa mencapai 900 ribu menurut ketentuan dari Kementerian Kesehatan.

Bagi yang membutuhkan pemeriksaan covid baik tes swab antigen maupun PCR bisa mendapatkannya di banyak tempat. Baik di rumah sakit, klinik, dan tempat lainnya yang menyediakan layanan pemeriksaan yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pemeriksaan tersebut cukup di rumah dari layanan kesehatan online seperti Aido. Aplikasi ini menawarkan layanan kesehatan pemeriksaan Covid-19 seperti serologi, rapid, antigen, dan swab PCR. Layanan ini bisa memberikan pemeriksaan cukup di rumah saja, sehingga bisa mengurangi penularan virus dengan lebih besar karena tidak perlu datang ke rumah sakit.

Layanan Aido Health bisa dimanfaatkan untuk pemeriksaan yang dibutuhkan dengan tiga langkah mudah pemesanan yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Pertama adalah unduh aplikasi Aido Health dan lakukan registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya pilih pemeriksaan covid-19 yang dibutuhkan.
  2. Selanjutnya pastikan lokasi disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal pemeriksaan yang akan dilakukan.
  3. Setelah mengatur jadwal dan juga tenaga medis, maka selesaikan transaksi dengan melakukan pembayaran secara cashless dari aplikasi.