Pengertian Rehabilitasi

  • 2 min read
  • Sep 04, 2021
Pengertian Rehabilitasi

Rehabilitasi adalah menjadi pilihan beberapa orang yang mengalami gangguan fisik maupun psikologis. Gangguan-gangguan tersebut dapat berupa trauma atau semacam ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang seperti narkotika yang saat ini sangat merajalela.

Rehabilitasi sendiri memiliki tujuan dan manfaat yang signifikan untuk kesembuhan pasien, dimana rehabilitasi dapat dikatakan sebagai metode yang banyak disarankan oleh tenaga kesehatan, karena tidak menimbulkan efek buruk bagi fisik dan psikologis pasien.

Terdapat beberapa perbedaan pandangan mengenai pengertian rehabilitasi di masyarakat. Berikut merupakan beberapa ulasan mengenai pengertian rehabilitasi menurut KBBI dan para ahli :

  1. KBBI

Rehabilitasi menurut KBBI adalah pemulihan kedudukan yang sat ini dialami kepada keadaan semula, dalam hal ini disebutkan perbaikan pada anggota tubuh yang cacat. Cacat yang dimaksudkan yaitu cacat yang masih bisa disembuhkan dengan metode rehabilitasi.

Rehabilitasi ini bertujuan untuk mengembalikan seorang yang mengidap gangguan untuk dapat kembali menjadi manusia yang berguna serta memiliki tempat yang sama dilingkungan masyarakat luas. Persamaan hak dalam hal ini sangat dijunjung tingi.

  1. Banja 1990

Menurut Banja 1990, rehabilitasi diartikan sebagai satu program holistik dan terpadu atas beberapa intervensi medis, psikososial, fisik hingga vokasional yang memberdayakan penyandang disabilitas dalam meraih pencapaian dalam hidup.

Pencapaian yang dimaksudkan yaitu pencapaian pribadi yang memiliki makna sosial dan interaksi efektif yang fungsional dengan dunia. Pencapaian tersebut dimaksudkan agar penyandang disabilitas juga memiliki hak dan kesempatan yang sama di masyarakat luas.

  1. Sri Widati 1984

Menurut Sri Wedati 1984 rehabilitasi penderita cacat adalah semua upaya meliputi bidang kesehatan, sosial, pendidikan, kejiwaan, ekonomi, serta beberapa bidang lainnya yang dikoordinir dengan tujuan untuk memulihkan penderita cacat ke keadaan yang lebih baik.

Penderita cacat yang disebutkan antara lain yaitu cacat jasmaniah, rohaniah, yang dipulihkan kembali pada masyarakat sebagai anggota penuh yang sudah swasembada, produktif, dan berguna untuk masyarakat dan negara.

  1. Suparlan 1993

Suparlan 1993 menyebutkan bahwa rehabilitasi merupakan kegiatan dalammengembangkan mental serta fisik seseorang yang mengalami gangguan untuk mengembalikannya pada keadaan sebelumnya atau lebih baik lagi demi kesejahteraan sosialnya.

Rehabilitasi menurut Suparlan menyatakan bahwa penyandang disabilitas dapat secara mandiri dalam mengatasi kesejahteraan sosial bagi dirinya sendiri maupun untuk keluarganya.

  1. Peraturan pemerintah No.36/1980

Menurut Peraturan Pemerintah no 36/1980 tentang Usaha Kesejahteraan Soial bagi pennyandang disabilitas, rehabilitasi diartikan sebagai suatu proses refungsionalisasi dan pengembangan jati jati diri penyandang disabilitas.

Refungsionalisasi ini diharapkan bagi penyandang disabilitas dapat mengembangkan fungsi sosialnya. Hal tersebut dapat dilakukan untuk rehabilitasi para penyandang disabilitas secara umum sehingga dapat beraktifitas sewajarnya di lingkungan masyarakat.

  1. Peraturan Pemerintah No. 72/1991

Menurut Peraturan Pemerintah No. 72/1991 tentang PLB dan SK Mendikbud No.0126/U/1994 pada lampirannya menyebutkan definisi rehabilitasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan lebih tepatnya bagi peserta didik penyandang disabilitas.

Rehabilitasi yang disebutkan adalah upaya perbaian dlam bidang medical maupun sosial yang berhubungan dengan keterampilan peserta didik untuk menempuh pendidikan. Kesempatan berpendidikan bertujuan agar penyandang disabilitas memiliki hak yang sama.

Demikian merupakan beberapa ulasan mengenai pengertian rehabilitasi dari KBBI dan berbagai ahli. Masih banyak pengertian rehabilitasi menurut bidang medis maupun dalam bidang lainnya karena banyaknya kebutuhan informasi mengenai rehabilitasi.

Semoga beberapa ulasan di atas dapat bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.