Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus Sinus termasuk penyakit yang umum menjangkiti orang-orang segala umur. Sinus memiliki beberapa jenis seperti sinus maksila merupakan penyakit sinus yang paling besar dan akan membentuk seperti piramid, sinus frontal ini biasanya terletak pada bagian os frontal yang terbentuk ketika bulan ke empat fetus. Ada juga, sinus etmoid merupakan sesuatu seperti pengontrol yang menjadi atau memfokuskan jenis-jenis sinus lainnya yang dapat di diagnosa diĀ Rumah Sakit Imanuel Lampung.

Berikut adalah fakta dari penyakit sinusitis diantaranya:

  • Flu karena sinus lama sembuh, gejala ini biasanya diabaikan dan lebih mirip dengan gejala flu. Pada tahap awal terjadinya penyakit ini ditandai dengan hidung gatal, meriang, tenggorokan gatal dan lemas. Terjadi setelah tiga hari gejala tersebut akan semakin parah dan membaik di hari kelima.
  • Warna lendir sinus beda dengan pilek, jika pilek biasanya lendir berwarna bening dan jika sinus biasanya lendir lebih banyak dan warnanya kuning hingga hijau.
  • Batuk dahak tanda sinus, ketika flu produksi lendir meningkat dan jika cairan tidak bisa keluar melalui hidung maka dialirkan ke tenggorokan dan lendir menjadi menumpuk dan menyebabkan batuk berdahak.
  • Inilah tempat terjadi sinus, sinus berada di balik tulang wajah berupa rongga udara, wajah maupun area sinus menjadi tertekan sehingga menyebabkan sakit kepala bahkan ada yang mengalami pembengkakan di area sinus.

Selain itu, ketika seseorang terkena sinusitis maka pengobatan yang dilakukan terfokus pada peradangan pada sinus. Pemberian antibiotik dilakukan untuk melawan virus penyebab sinus. Sinus terjadi akibat alergi sehingga perlu dilakukan pemeriksaan mengenai penyebab alergi sehingga dapat menyembuhkan sinusitis yang terjadi pada seseorang. Sebaiknya menjaga kebersihan untuk mencegah terjadinya sinusitis.

Berikut adalah obat sinusitis alami yang digunakan dari bumbu rumah diantaranya:

  • Jahe, bermanfaat untuk meringankan infeksi sinusitis dengan bantuan antiradang alami yang mampu mengurangi pembengkakan selaput hidung. Dengan mengolah teh jahe karena uap yang dihasilkan dari teh jahe mampu meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir dan meringankan pusing pada kepala.
  • Cuka sari apel, karena memiliki berbagai nutrisi yang mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala alergi akibat sinusitis. Mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan pengobatannya dengan mencampurkan dua atau tiga sendok makan dalam secangkir air panas dan tambahkan madu atau lemon untuk menambah cita rasanya dengan rutin.
  • Bawang putih, mampu meredakan infeksi sinus secara alami dan mencegahnya sejak awal. Mengonsumsinya saat musim dingin dapat menghangatkan tubuh dan senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih akan membunuh bibit penyakit dan sebaiknya mengonsumsi dengan campuran jus tomat dan jus lemon yang dipanaskan dalam panci beberapa menit.

Penderita juga perlu minum banyak air mineral, untuk hidung menjadi lembab dan tidak terlalu kering dan hindari meminum air es dan meminum banyak air akan menggantikan cairan yang keluar. Hindari minum teh, kopi dan alkohol akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh dan membuat kekebalan tubuh menurun cepat dan menjadi kurang sehat. Selain itu, uap dengan minyak kayu putih untuk mengeluarkan lendir.

Selain itu, semua jenis makanan pedas dan mengandung rempah-rempah sangat disarankan saat sinus kambuh. Vitamin C yang tinggi akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pengeluaran cairan dalam hidung. Gunakan filter udara untuk membantu penyaringan udara, debu dan berbagai jenis potensi penyakit yang dapat membuat sinusitis menjadi lebih buruk sesuai saran dariĀ Rumah Sakit Imanuel Lampung.