Saatnya Hidup Sehat, Ini Jenis Makanan yang Ada Omega 3

  • 2 min read
  • Nov 25, 2020
Saatnya Hidup Sehat, Ini Jenis Makanan yang Ada Omega 3

Omega 3 merupakan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Tidak heran banyak orang mencari makanan yang ada omega 3 untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan omega 3 akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaatnya antara lain mengurangi resiko penyakit stroke/kardiovaskular/demensia, menjaga kesehatan mata, mengurangi nyeri sendi, meningkatkan kecerdasan anak, dan menghindarkan dari depresi.

Kandungan Omega 3 memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena banyak yang mencari makanan yang banyak mengandung nutrisi ini, meskipun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan nutrisi Omega 3, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis makanan apa yang mengandung nutrisi berharga tersebut.

Jenis Makanan yang Ada Omega 3

Kita bisa mendapatkan nutrisi omega 3 pada beberapa jenis makanan. Omega 3 yang terkandung dalam makanan-makanan tertentu akan memberi manfaat yang baik pada tubuh. Sangat perlu bagi Anda untuk mengetahui jenis makanan yang mengandung omega 3 tinggi.

  1. Kedelai

Kedelai adalah jenis makanan yang mengandung banyak omega 3. Nutrisi omega-3 yang ada di dalam kedelai adalah sebanyak 1.443 mg tiap 100 gram-nya.

Kedelai yang bisa diolah dalam berbagai macam olahan seperti tempe, tahu, dan susu kedelai juga banyak mengandung nutrisi lainnya. Beberapa kandungan yang ada di dalam kacang kedelai yaitu vitamin B, vitamin K, folat, kalium, dan magnesium.

  1. Ikan Makarel

Ikan makarel bukankah nama salah satu jenis ikan, namun merupakan sebuah kelompok ikan. Ikan-ikan yang termasuk dalam kelompok ikan makarel yaitu ikan tenggiri dan ikan kembung. Kelompok ikan makarel yang berhabitat di laut ternyata mempunyai kandungan omega 3 tinggi. Setiap 100 gram ikan makarel didalamnya terkandung omega 3 sebanyak 5.134 mg.

Selain mempunyai kandungan omega, ikan makarel bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh serta sistem saraf. Hal ini karena ikan makarel juga mengandung vitamin B12 dan selenium yang kaya.

Umumnya, ikan makarel dijual di pasar atau toko dengan dikemas di dalam kaleng. Anda bisa mengolah ikan makarel ke berbagai macam jenis masakan yang sesuai dengan selera lidah. Selain enak, ikan makarel juga mengandung omega 3 yang bagus untuk kekebalan tubuh.

  1. Ikan Salmon

Satu lagi ikan yang memiliki banyak omega 3 yaitu ikan salmon. Setiap 100 gram dari ikan salmon mengandung setidaknya 2.260 mg omega 3. Ikan yang disukai oleh masyarakat ini juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin B, vitamin D, dan selenium. Anda bisa mengolahnya dengan cara dibakar atau digoreng untuk mendapatkan nutrisi omega 3 dari ikan salmon.

  1. Kacang Kenari

Makanan yang ada omega 3 lainnya adalah kacang kenari. kacang kenari termasuk salah satu jenis kacang yang mempunyai kandungan omega 3 cukup tinggi. Di setiap 28 gram berat kacang, mempunyai kandungan omega 3 sebesar 2570 mg.

Kacang kenari biasanya dinikmati dengan cara ditambahkan ke dalam adonan kue atau yoghurt. Kacang kenari memang disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung antioksidan, tembaga, serat, mangan dan vitamin E.

  1. Ikan Teri

Tahukah Anda bahwa ikan teri ternyata juga memiliki kandungan omega 3? Ikan yang sering dijadikan sambal ini mempunyai beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin B3, kalsium, omega 3, dan selenium. Setiap 100 gram ikan teri mengandung 2113 omega 3.

Anda bisa membeli ikan berukuran kecil ini di pasar tradisional maupun modern. Selain harganya murah dan kandungan gizinya yang cukup baik, Anda bisa mengolahnya ke dalam berbagai jenis menu masakan. Misalnya, pepes, goreng, sambal, dan tumis.

Itulah beberapa makanan yang ada omega 3. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar atau di toko. Sudah saatnya kita membiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti omega 3, kalsium, dan lain sebagainya.