Serba-serbi STNK Online Serta Cara Memperpanjangnya

  • 2 min read
  • Jul 17, 2021
STNK Online

Saat ini perkembangan semakin maju. Kini sudah terdapat banyak sekali kemudahan yang didapatkan untuk mengurusi berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah mengurus STNK secara online, baik untuk membayar pajak kendaraan ataupun untuk memperpanjang STNK. Dengan mengurus STNK secara online, Anda tak perlu mendatangi kantor samsat untuk mendapatkan antrian.

Cara Memperpanjang STNK

Mungkin sebagian orang awam masih belum paham mengenai cara perpanjang STNK online. Namun teruntuk Anda yang belum paham jangan khawatir. Kini ada layanan seva.id yang siap membantu untuk mengurus layanan e-dokumen, misalnya seperti STNK. Lalu bagaimana cara menggunakan layanan seva.id? Berikut cara memperpanjang STNK online dengan seva.id, diantaranya:

  • Mengunjungi website seva.id

Hal yang pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mengunjungi situs websitenya. Anda bisa mengunjungi situs tersebut melalui laptop maupun dari smartphone. Kemudian pada menu otomotif di sebelah banner utama.

  • Melengkapi data diri dan dokumen

Ketika Anda sedang berada di halaman layanan e Dokumen, langkah selanjutnya ialah klik Button “minta estimasi biaya”. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi data diri Anda serta kendaraan untuk mengurus STNK online balik nama, membayar pajak tahunan ataupun membayar pajak lima tahunan.

Data diri tersebut meliputi nama lengkap, nomor handphone, alamat email, layanan yang diinginkan serta data-data kendaraan lainnya.

  • Pengurusan data

Setelah semua data-data diisi dengan baik serta sudah dikirimkan, nantinya dari tim representative seva.id akan menghubungi Anda dengan selambat-lambatnya 24 jam setelah dokumen diproses. Anda akan mengetahui estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Biaya yang tertera secara detail sudah termasuk biaya jasa pengurusan.

Jika setuju, maka siapkan foto KTP, BPKP dan tentunya foto STNK yang akan diupload dan dikirim melalui WhatsApp. Persyaratan tersebut merupakan sebagai syarat kelengkapan pengurusan dokumen kendaraan.

  • Pengambilan dokumen asli

Setelah proses pengurusan data selesai nantinya akan ada kurir yang akan mengambilkan dokumen asli Anda dari kendaraan. Ini akan terhitung dalam 24 jam usai dokumen kendaraan digital diterima.

  • Melakukan pembayaran

Pembayaran dilakukan memerlukan waktu minimal dua hari setelah dokumen diambil oleh kurir. Estimasi waktu ini tidaklah mutlak. Hal ini tergantung dari layanan yang Anda pilih.

Itulah cara  memperpanjang STNK Online dengan menggunakan layanan dari seva.id. Semoga dengan ulasan ini dapat membantu Anda dalam mengurusi STNK secara online.