Hingga saat ini kereta api masih dijadikan sebagai salah satu moda transportasi yang dipilih banyak orang. Dan salah satu rute populer yaitu kereta api eksekutif Jakarta menuju Malang, atau sebaliknya. Nah, jalur ini memang sangat jarang sepi peminatnya, terlebih lagi untuk kereta eksekutif. Nah, mengapa kereta api eksekutif ini banyak dipilih oleh orang-orang? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Kereta eksekutif Jakarta – Malang

Saat ini moda transportasi kereta api masih menjadi primadona tersendiri untuk masyarakat yang akan bepergian antar kota, begitu pula perjalanan Jakarta menuju Malang. Nah, apakah anda sudah pernah naik kereta dari Jakarta ke Malang. Bima dan Gajayana adalah dua kereta eksekutif yang siap melayani rute perjalanan tersebut. Biasanya titik mula keberangkatannya ada di stasiun Gambir. Untuk pemberangkatan kereta Bima dan Gajayana ini hanya berselisih satu jam saja. Biasanya Bima meluncur dari Gambir pada pukul 16.30 yang selanjutnya tiba ke kota Malang pada pukul 08.15. Sedangkan Gajayana bertolak pada pukul 17.40 dan tiba di tujuan akhir pada pukul 09.06. Kedua kereta api eksekutif ini pun menempuh rute yang berbeda.  

Perjalanan yang ditempuh belasan jam

Tahukah anda bahwa Jakarta –  Malang adalah salah satu rute kereta terpanjang yang ada di Indonesia, yang memiliki jarak kurang lebih adalah 907 km. Walaupun menaiki kereta api eksekutif, anda pun akan menempuh perjalanan hingga belasan jam. Menaiki kereta api Gajayana, maka anda akan tiba di tujuan dengan waktu kurang lebih 15 jam  26 menit. Sedangkan untuk kereta Bima waktu yang ditempuh adalah sekitar 19 menit lebih lama. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kedua kereta ini juga memiliki rute perjalanan yang berbeda. Tentunya Bima dapat menjadi pilihan terbaik untuk anda yang ingin sekali memasuki Malang melalui utara, tepatnya di stasiun Surabaya Gubeng. Sedangkan Gajayana lebih pas untuk anda yang ingin melalui rute selatan, yaitu stasiun Blitar atau Kediri. 

Selalu ramai peminat

Tentunya perjalanan kereta api eksklusif Jakarta menuju Malang dapat dilakukan dengan cara menumpang kereta api kelas ekonomi hingga eksekutif. Tentunya anda dapat menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki, maupun jadwal keberangkatan atau kedatangan. Namun yang perlu diingat adalah rute eksekutif termasuk yang populer yang selalu ramai peminat. Ketika anda melakukan pemesanan tiket kereta api yang mepet, kemungkinan besar anda akan kehabisan tiketnya. Rupanya waktu perjalanan yang ditempuh selama belasan jam bukan jadi masalah untuk sebagian besar penumpang, terlebih lagi untuk anda yang suka naik kereta api. 

Walaupun tiketnya terbilang mahal, namun kereta api eksekutif Jakarta – Malang memang tidak pernah sepi peminatnya. Tetapi anda tidak perlu khawatir saat menaiki kereta api ini. Hal ini dikarenakan walaupun harganya cukup menguras kantong, namun hal ini sangat sepadan dengan fasilitas yang akan anda dapatkan. Fasilitas yang bisa diperoleh salah satunya adalah kursi penumpang yang empuk dan nyaman, yang pastinya anda tidak akan berdesakan. 

Tips wisata ke Malang menggunakan kereta api

Seperti halnya ketika anda pelesir menggunakan pesawat, sebaiknya anda juga perlu menentukan segera jadwal keberangkatan jauh-jauh hari ketika ingin mengunjungi Malang. Anda pun tidak perlu khawatir karena saat ini pemesanan tiket kereta dapat dilakukan secara online dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dilakukan. Dengan begitu anda dapat merencanakan liburan dengan matang ke kota Malang.  

Untuk anda yang naik kereta eksekutif ke Malang, dan turun di stasiun di Malang, maka anda tidak perlu khawatir untuk kebingungan ingin menaiki moda transportasi apa selanjutnya. Hal ini dikarenakan di dekat stasiunnya terdapat banyak angkutan umum, taksi, maupun becak yang siap membawa anda ke berbagai destinasi wisata menarik di Malang. Namun untuk anda yang tidak mau naik taksi atau angkot, maka anda juga dapat memanfaatkan jasa ojek online. Salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi saat di Malang adalah ke Alun-Alun Merdeka, atau anda juga bisa mencicipi kenikmatan kuliner khas Malang. Semoga bermanfaat!