Tips Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

  • 3 min read
  • Jan 07, 2021
Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Kalian mungkin sedang memikirkan bagaimana sih caranya mendapatkan uang dari YouTube. Jika kalian sedang berniat ingin mencoba membuat konten di YouTube dan mempunyai gambaran terkait apa tema untuk konten yang akan di share atau pun di upload di YouTube. Maka selanjutnya kami akan membahas terkait bagaimana cara agar konten video dapat disukai oleh para warga YouTube. Dan perlu diingat kembali untuk kalian semua bahwa cara mendapatkan uang dari YouTube haruslah selalu diawali dengan konten-konten yang berkualitas, yang mampu memotivasi warga YouTube agar selalu antusias menonton channel kita. Sekiranya membuat konten video yang bermanfaat bagi diri kita dan orang lain.

Jadi pada artikel kali ini, kalian akan di perkenalkan cara untuk membuat konten YouTube yang berkualitas dan melakukan monetisasi YouTube.

Memilih Jenis Konten YouTube yang Cocok

Jika kalian sudah membuat dan memiliki chanel, jangan lupa untuk meentukan konten yang menarik. Konten menarik adalah salah satu kunci sukses yang akan menghasilkan uang dari YouTube kalian. Dalam pembuatan konten, kalian tentu harus sesusai dengan minat dan bakat kalian jangan paksakan jika diluar kemampuan kalian. Ini jenis konten rekomendasi untuk kalian :

  1. Konten edukasi
  2. Kecantikan
  3. Kuliner
  4. Teknologi
  5. Game
  6. entertainment

Riset Keyword

Riset keyword adalah salah satu alasan agar konten benar-benar dicari oleh khalayak umum. Gunakan Google Trends dalam melakukan riset keyword.

Mengatur High Retention Video

High retention video ialah rata-rata presentasi video yang ditonton. Contohnya jika kalian mengunggah video dengan durasi 12 menit, dan dari rata-rata orang yang menonton itu selama 6 menit. Jika seperti itu, artinya orang yang menonton video kalian adalah hanya 50 %. Tentunya YouTube lebih mengutamakan video dengan retensi yang tinggi. Semakin tinggi retensi video unggahan kalian, semakin besar kemungknan video kalian yang muncul pada pencarian YouTube dengan urutan teratas.

Kenali Faktor Ranking YouTube

Ini adalah beberapa pengaruh atau faktor yang menentukan video di YouTube channel kalian yakni jumlah komentar, jumlah subscriber setelah menonton video kalian, jumlah orang yang menshare video kalian, rasio jumlah klik pada jumlah impression hasil pencarian (CTR), dan durasi video.

Optimasi Judul Dan Deskripsi

Buatlah rangkuman dari konten video yang kalian buat. Jangan lupa judul video bersifat jelas, padat, singkat dan utamakan kepada keyword yang ditargetkan. Buat deskripsi video minimal 250 kata, masukan focus keyword pada 25 kata pertama, ulang focus keyword 3-5 kali. Bisa juga video kalian dibuat artikel dengan bantuan Jasa Press Release melalui website, sebagai bentuk promosi konten video kalian.

Manfaat Tag

Pemanfaat tag sangat berguna pada konten video kalian agar mudah dicari, dan tambahkan fitur kata kunci yang berkaitan dengan video kalian.

Buat Call To Action Pada Konten Video

Kalian bisa mengatakan pada saat take video di awal atau pun di akhir dengan mengatakan “Jangan lupa like, subscribe, and share”. Kalimat itu juga bisa membantu agar penonton antusias dalam konten video kalian. Agar saling menguntungkan suruhlah penonton untuk berkomentar atas video kalian.

Jangan Lupa Untuk Mempromosikan Video Di Media Sosial

Kalian juga bisa memberi tahu teman-teman di sosial media, agar mengetahui channel YouTube yang kalian punya dengan menshare pada forum online seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, line, website jika bisa dengan Jasa Press Release, dan media penghung lain sebagainya.

Hubungkan Video Youtube dengan Blog

Hal ini akan memberikan efek positif terhadap blog atau website kalian. Dengan begitu, pengunjung blog atau website bertahan lebih lama. Meningkatkan sinyal yang bagus kepada google dan mungkin kalian memiliki kerjasama dengan https://www.jasapressrelease.id yang akan saling menguntungkan.

Pastikan Dapat Bekerjasama dengan Suatu Brand

Bisa juga untuk kalian bekerjasama dengan perusahaan brand endorsement, agar di review pada channel YouTube kalian.

Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer adalah mempromosikan produk akan tetapi berbeda dengan endorsement. Affiliate marketing menggunakan skema komisi untuk marketernya (saling menguntungkan).

Monetisasi Channel Youtube

Melakukan monetisasi pada channel YouTube kalian, penonton akan melihat iklan sebelum video di tayangkan. Kalian bisa saja mengaktifkan iklan pada channel YouTube kalian dengan mengikuti persyaratan resmi dari google.

Jual Produk Atau Jasa Kalian Sendiri

Bagi kalian yang mempunyai produk usaha atau bisnis, setidaknya ini dapat menjadi ladang yang menguntungkan bagi bisnis yang kalian punya. Dengan mempromosikan produknya pada tayangan video kalian.

Ini sama halnya dengan call to action penjelasan diatas. Kalian bisa mengarahkan dan mengatakan pada penoton untuk mengunjungi deskripsi video yang telah disediakan link. Link itu bisa juga diisi untuk kebutuhan bisnis produk kalian.

Jangan Fokus Diri Kalian Akan Menjadi Viral

Kata-kata itu sangatlah perlu dikantongi untuk kalian yang mungkin baru pertama kali mencoba mendalami hal per-YouTube-an. Jangan berjuang untuk menjadikan diri menjadi terkenal, akan tetapi berjuang untuk menjadi berbakat.