Trimester Awal sampai Akhir Pada Kehamilan Moms

  • 2 min read
  • May 06, 2021
kisaran harga susu ibu hamil

Pasti sangat bahagia saat Moms tahu bahwa Moms akan menjadi seorang ibu dan sudah memasuki usia kandungan! Dan untuk moms yang baru pertama kali mengandung selamat datang di trimester pertama. Meskipun tubuh Moms mungkin belum menunjukkan perubahan apapun, Moms juga mungkin merasakan sedikit berbeda. Moms juga tidak perlu khawatir karena hal kni sangatlah normal. Moms juga akan kebanjiran hormon kehamilan sebagai pertanda bahwa tubuh Moms akan mempersiapkan diri selama perjalanan kehamilan 9 bulan yang menyenangkan.

Trimester pertama pada moms hamil

Hal yang pertama tumbuh adalah Otak dan tulang belakang dan yang terbentuk paling awal, hal ini juga saat yang tepat bagi moms untuk terus mengonsumsi makanan dengan kandungan folat yang tinggi dan yang akan membantu mengurangi resiko bayi moms dari cacat tulang belakang dan otak atau neural tube defects seperti halnya spina bifida. Bukan hanya folat, asupan berbagai lainnya seperti zat gizi misalnya zat besi dan kalsium juga harus meningkat. Moms haru makan berbagai ragam makanan sehat, dan padat gizi, misalnya sayur, buah, sumber protein, dan juga karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Bukan hanya asupan makanan yang perlu diperhatikan, moms harus berkunjung ke dokter atau bidan untuk konsultasi pertama, serta jadwal periksa yang teratur selama kehamilan moms.

Trimester Tengah dan Akhir

Pada usia kehamilan 7 minggu, janin memiliki ukuran sekitar 0.5cm. Kemudian perkembangan yang paling banyak terjadi masih pada bagian otak janin. Efek pada moms, adalah payudara mulai mengalami perubahan signifikan, dan moms harus mempersiapkan diri untuk menyusui. Perkembangan mood moms juga tidak teratur. Moms juga terkadang merasa bahagia dengan kehamilan moms, di saat lain moms juga merasa khawatir, hal ini sangatlah wajar terjadi.

Moms juga bisa coba untuk sedikit lebih santai sampai beberapa bulan ke depan nantinya. Moms juga akan mengalami emosi yang tidak menentu ini dapat juga berlanjut bahkan hingga sesudah melahirkan, maka ambilah waktu untuk bersantai serta tidak terlalu khawatir apalagi sampai stress.

Tapi secara keseluruhan, meskipun rahim moms mulai membesar, dan mungkin belum terlihat dari luar. Namun justru yang lebih terlihat berkembang yakni bagian payudara moms. Yang sangat cepat pertumbuhannya sampai mungkin bra yang moms gunakan mulai terasa tidak nyaman lagi untuk dipakai. Sehingga moms sering merasa letih, dan jika masih disertai mual dan muntah.

Agar lebih relaks moms bisa berolahragalah dengan teratur, bukan hanya untuk mengurangi konstipasi, tapi juga menjaga daya tahan tubuh dan peredaran darah yang baik selama kehamilan tersebut. Moms juga bisa pilih olahraga yang ringan, seperti berenang atau yoga.

Moms pastinya juga akan mengalami beberapa sensasi fisik baru misalnya beberapa lebih mudah dilalui daripada yang lainnya. Bagi moms yang mengalami kebocoran pada saat bersin ataupun tertawa, moms jangan khawatir, karena ini merupakan kondisi fisik yang masih normal yang bisa disebut inkontinensia stres. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan dalam kandung kemih yang terisi dengan air urine sehingga menjadi lebih besar dibandingkan kekuatan uretra moms untuk tetap tertutup, dan dapat menyebabkan pelepasan air kencing dari kandung kemih.

Moms juga bisa memulai latihan untuk memperkuat otot-otot panggul agar dapat menopang kelebihan berat dari kehamilan, dan untuk membantu mempermudah persalinan saat moms akan mendorong keluar si bayi.

Agar moms selalu sehat dan tidak mudah stress moms juga bisa dibarengi dengan mengonsumsi susu kehamilan yang tepat dan baik yang memiliki kisaran harga susu ibu hamil yang tidak terlalu mahal.