Untung dan Rugi Membeli Rumah Memakai Agen atau Jasa Properti

  • 3 min read
  • Oct 08, 2021
jual rumah

Dalam proses beli rumah, agen properti merupakan salah satu pihak yang kompeten. Tidak heran apabila memandang iklan rumah online ataupun offline, sebagian besar dipasarkan oleh agen. Tetapi banyak pula orang yang enggan memakai jasa agen properti sebab komisi agen yang dinilai besar.

Ditambah, maraknya penipuan yang mengatasnamakan agen properti. Walaupun begitu, memakai jasa agen properti buat membeli rumah merupakan suatu opsi menarik yang kita coba. Nah apabila Kamu mau membeli rumah, bisa jadi terdapat baiknya memahami dahulu untung rugi beli jual rumah lewat agen properti.

Keuntungan Beli Rumah melalui Agen Properti

 

Harga Rumah Sesuai

Harga merupakan aspek berarti dalam membeli rumah. Buat yang satu ini, agen properti umumnya telah ketahui betul pasaran harga rumah serta range harga di sesuatu kawasan. Perihal ini sebab para agen umumnya memakai analisis kompetitif pasar ataupun Competitive Market Analysis (CMA).

Dengan menganalisis nilai properti yang hendak dijual, hingga harga hendak cocok dengan ditaksir pasar. Pastinya, Kamu hendak dibantu memperoleh rumah dengan harga terbaik yang cocok dengan pasar serta budget.

Mempunyai Banyak Opsi Hunian

Salah satu keunggulan memakai agen properti dikala membeli rumah merupakan mereka memiliki network serta media yang mumpuni. Dikala membeli rumah, agen hendak mempunyai banyak opsi hunian yang bisa ditemui oleh calon pembeli dengan kilat. Rumah- rumah tersebut dibedakan dalam sebagian jenis, meliputi posisi, harga, dimensi rumah, desain serta aspek yang lain.

Praktis

Tidak cuma dalam berpromosi serta menghubungi calon pembeli potensial, agen properti pula hendak menolong dalam mengurus legalitas serta hal- hal lain terpaut jual beli rumah. Jadi dengan memakai jasa agen properti dapat dibilang lebih instan. Perihal tersebut sebab Kamu bisa memilah jenis hunian yang di idamkan, kemudian agen properti hendak mencarikan hunian terbaik yang cocok dengan kemauan Kamu.

Transaksi Lebih Aman

Semacam disebutkan di atas, agen properti pula mengurus urusan legalitas, semacam seluruh perihal terpaut sertifikat serta surat- surat berarti dalam proses jual beli rumah. Legalitas yang diartikan, contohnya proses balik nama dari owner lama ke owner baru, semacam:

  • Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) ataupun Sertifikat Hak Kepunyaan (SHM)
  • Akta Jual Beli (AJB)
  • Bea Perolehan Hak atas Tanah serta Bangunan (BPHTB), hingga
  • Pajak Bumi atau rumah serta Bangunannya (PBB)

Bayangkan apabila beli rumah tanpa agen properti, tentu hendak perlu waktu serta tenaga ekstra mengurusi seluruh perihal tersebut.

Kerugian atau Kekurangannya Jual Rumah melalui Agen/Jasa Properti

 

Komisi Agen yang Lumayan Tinggi

Komisi merupakan salah satu perihal yang membuat orang enggan memakai jasa agen properti. Mayoritas orang menyangka komisi yang dimohon para agen sangat besar, sehingga mengurungkan hasrat memakai jasa handal ini. Selaku cerminan, dalam transaksi terdapat kisaran komisi yang umumnya ditawarkan oleh pihak agen.

Buat transaksi jual beli, komisi berkisar 2- 5 persen dari transaksi. Sebaliknya buat sewa, komisi agen umumnya sebesar 5- 8 persen. Kisaran nilai komisi di atas masih terletak di batasan wajar, mengingat besarnya jasa agen dalam proses jual rumah.

Fraud Risk

Saat sebelum memastikan jasa agen properti yang hendak dipakai, terdapat baiknya melaksanakan studi terlebih dulu tentang agen- agen bermutu serta terpercaya. Perihal ini guna menjauhi fraud risk yang hendak terjalin. Alasannya tidak seluruh agen mempunyai profesionalitas serta kompetensi yang sama.

Apalagi tidak sedikit agen bandel yang malah hendak membuat owner rumah rugi. Belum lagi dengan efek penipuan yang mengatasnamakan agen properti. Jadi, terdapat baiknya melaksanakan studi terlebih dulu ataupun memilah agen properti yang telah diketahui mempunyai track record baik serta terpercaya.

Saat sebelum memilah agen properti, yakinkan berasal dari real estate agent yang jelas serta tercatat formal selaku anggota organisasi profesi. Kamu dapat mengecek perihal tersebut lewat Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI). AREBI sendiri ialah organisasi profesi yang keberadaanya legal serta diakui pemerintah.

Seperti itu sebagian untung rugi memakai jasa agen properti dikala membeli rumah