Wajib Tahu, 7 Manfaat Buah Semangka untuk Menjaga Kesehatan

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Manfaat Buah Semangka

Saat kita sedang berada pada situasi panas dan terik, apa yang pertama kali muncul di dalam benak kita? Tentu saja, jawabannya ialah buah yang menyegarkan alias semangka. Buah yang satu ini memang merupakan salah satu pilihan yang pas untuk mengembalikan kesegaran tubuh kita. Pada setiap satu gelas buah semangka, kita bisa mendapatkan 46 kalori, 20% vitamin C, serta 17% vitamin A. Tentu saja, melalui kandungan tersebut, kita tidak bisa melewatkan begitu saja manfaat dari buah semangka. Nah, berikut ini terdapat 7 manfaat semangka untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membuat tubuh tetap terhidrasi

Biasanya, untuk memastikan agar kita tidak mengalami dehidrasi, maka kita akan minum air putih. Akan tetapi pada dasarnya bukan hanya air putih saja yang penting untuk menghidrasi tubuh kita. Soalnya, kita juga dapat menyantap semangka yang memiliki kandungan air yang tinggi, yakni sekitar 92% air. Melalui adanya kandungan air yang tinggi ini, maka kita dapat beraktivitas tanpa merasa lapar.

2. Memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh

Semangka memang memiliki beragam manfaat untuk dunia kesehatan. Soalnya, ada bermacam-macam kandungan nutrisi yang dapat kita temukan pada satu buah semangka. Hingga saat ini, terdapat informasi terhadap kandungan yang diperlukan. Apalagi, semangka juga termasuk buah yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, mulai dari vitamin C, vitamin A, magnesium, vitamin B1, vitamin B5, serta vitamin B6.

3. Meminimalisir risiko kanker

Semangka yang memiliki kandungan likopen ternyata juga dapat menekan risiko kanker prostat. Soalnya, semangka memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat memerangi radikal bebas dan sneakers. Di samping itu, ada juga cucurbitacin E untuk semangka yang akan menghambat pertumbuhan tumor.

4. Memelihara kesehatan jantung

Likopen merupakan salah satu nutrisi yang terdapat pada semangka dan berperan sebagai zat yang akan memelihara kesehatan jantung. Soalnya, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa likopen yang ada pada semangka akan membantu kita untuk mengatur kadar kolesterol. Apalagi, ada juga kandungan citrulline yang bermanfaat untuk membuat tekanan darah menjadi turun. Kemudian, ada juga manfaat dari semangka yang dapat menjaga kesehatan jantung kita.

5. Menekan risiko degenerasi makula yang ada pada mata

Selain memelihara kesehatan jantung, semangka yang bisa kita dapatkan di platform online penyedia sayur dan buah bernama TaniHub mampu untuk mendapatkan likopen yang muncul buah dan sayuran. Sementara itu, likopen juga berperan untuk mencegah kemunculan degenerasi makula yang berhubungan dengan AMD maupun usia. Untuk menjadi AMD kamu pasti tidak akan menimbulkan gangguan pada kesehatan mata.

6. Meringankan otot yang terasa nyeri

Penelitian yang diterbitkan oleh journal of Agricultural and Food Chemistry menjelaskan bahwa jus semangka berperan penting untuk mengurangi rasa nyeri yang dapat timbul pada otot. Pada umumnya, nyeri tersebut berhubungan dengan kebiasaan setelah kita berolahraga. Namun, untuk mengatasi hal ini, kita dapat menanggapi seputar kandungan citrulline. Nah, maka dari itu, agar kita bisa memperoleh manfaat semangka secara maksimal, kita perlu memperhatikan juga kandungan gizinya.

7. Menjaga sistem pencernaan

Semangka memiliki manfaat yang baik untuk membuat kulit tetap cantik. Selain itu, semangka juga berperan penting untuk memproses kadar air yang berlimpah serta kandungan serat yang ada pada semangka. Makanya, seseorang yang makan buah dan sayuran secara teratur dapat memiliki asupan serat yang cukup.